PWI Jaya Akan Gelar Orientasi Wartawan Angkatan II-2019

PWI Jaya Akan Gelar Orientasi Wartawan Angkatan II-2019

Koran Sulindo – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia DKI Jakarta (PWI Jaya) kembali akan menggelar Orientasi Wartawan Angkatan II pada  Senin 5 Agustus 2019 mendatang.

Kegiatan itu terbuka bagi seluruh wartawan baik cetak, online maupun elektronik yang ingin bergabung dengan organisasi PWI.

Dalam acara tersebut peserta akan mendapatkan beberapa materi seperti penjelasan pedoman dasar/pedoman rumah tangga PWI, materi Penerapan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) tentang Pers, Pedoman Pemberitaan Media Siber, Pedoman Pemberitaan Ramah Anak pada Karya Jurnalistik hingga tetantn tata cara penulisan.

Ketua PWI DKI Jakarta, Sayid Iskandarsyah mengungkapkan melihat antusiasme wartawan yang mengikuti orientasi pada angkatan pertama, dalam kegiatan kali ini jumlah peserta akan dibatasi mengingat kapasitas tempat.

“Meski tujuan orientasi wartawan ini untuk menambah anggota, tetap yang dikedepankan kualitas, bagaimana mewujudkan insan pers profesional dan bermartabat,” kata Sayid di sela kegiatan Uji Kopetensi Wartawan, di Sekertariat PWI DKI Jakarta, Gedung Sasana Karya Lantai 9, Jakarta, Kamis (25/7).

Sayid berharap orientasi yang digelar PWI Jaya itu bisa menjadi tambahan pelajaran ilmu yang bermanfaat bagi para wartawan untuk menjalankan tugas jurnalistiknya.  “Jadi tidak ada lagi wartawan tak mengerti kode etik jurnalistik,” kata Sayid.

Pada kegiatan orientasi tersebut pendaftaran calon peserta akan dibuka hingga tanggal 2 Agustus 2019.

Calon peserta juga diminta untuk melengkapi syarat-syaratnya yang di antaranya adalah bekerja di media berbadan hukum pers (PT), mengisi formulir di sekertariat PWI Jaya dan surat pernyataan pemohon di atas materai.

Syarat lainnya termasuk surat keterangan Pemimpin Redaksi disertai stempel redaksi tempat bekerja di atas materai, membawa bukti karya jurnalistik minimal tiga tulisan dalam tiga bulan terakhir dan fotokopi kartu identitas penduduk (KTP) pas foto berwarna ukuran 2×3 cm sebanyak 4 lembar.

Sedangkan untuk biaya orientasi masing-masing peserta akan dikenakan Rp 350 ribu.(Didang Pradjasasmita)