Facebook, WhatsApp dan Instagram Sempat Alami Gangguan Minggu Sore

Facebook, WhatsApp dan Instagram Sempat Alami Gangguan Minggu Sore

Facebook, WhatsApp dan Instagram sempat alami gangguan teknis [Foto: Istimewa]

Koran Sulindo – Layanan untuk media soal Facebook, WhatsApp dan Instagram sempat mengalami gangguan pada Minggu (14/4). Berdasarkan pantauan situs Down Detector, Facebook mulai mengalami gangguan teknis sejak pukul 17.30 waktu Indonesia.

Gangguan tersebut berdampak ke seluruh dunia. Laporan Channel News Asia menyebutkan, seperti Facebook, WhtasApp dan Instagram juga mengalami gangguan teknis serupa. Karena itu, pengguna tidak bisa menerima sekaligus mengirim pesan ketika menggunakan media sosial tersebut.

Berdasarkan peta Down Detector, pengguna Facebook, WhatsApp dan Instagram yang melaporkan gangguan teknis itu meliputi Kanada, Amerika Serikat, Inggiris, Thailand, Indonesia, Malaysia, India dan Filipina. Data Down Detector menunjukkan, lebih dari 12 ribu orang melaporkan gangguan teknis untuk Facebook dan berangsur turun menjadi 2.000 orang.

Seperti Facebook, laporan untuk gangguan teknis pada WhatsApp mencapai 3.000 orang dan Instagram 7.000 orang. Kepada situs pemantau media sosial, pengguna melaporkan bahwa mereka tidak bisa menerima dan mengirimkan pesan ke layanan jejaring sosial itu. Baik melalui mesin pencari maupun aplikasi yang diunggah di telepon seluler.

Sedangkan, pengguna WhatsApp mengatakan, pihaknya mengalami masalah untuk tersambung ke atau masuk ke platform pesan. Yang lainnya mengaku tidak bisa mengirim atau menerima pesan. [KRG]