Amien Rais Disarankan Rileks Jika Tak Merasa Bersalah

Amien Rais Disarankan Rileks Jika Tak Merasa Bersalah

21
Amien Rais

Koran Sulindo – Amien Rais disarankan untuk tenang dan rileks jika merasa tak bersalah dalam kasus penyebaran hoaks yang menjerat Ratna Sarumpaet sebagai tersangka.

Menurut Direktur Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo, Amien mestinya tak perlu menunjukkan sikap penentangan dengan menebar ancaman termasuk bakal membongkar kasus-kasus korupsi yang mengendap di KPK.

“Justru menurut saya pemanggilan terhadap dirinya harus dijadikan momentum yang baik untuk meluruskan dan klarifikasi untuk mengungkap kebenaran. Sehingga citra Pak Amien kembali pulih,” kata Karyono kepada koransulindo.com, Rabu (10/10).

Seperti diketahui saat dipanggil Polda Metro Jaya dalam kapasitasnya sebagai saksi, Amien Rais berjanji bakal membongkar dugaan kasus korupsi besar yang mengendap di KPK.

Ancaman itu menurut Karyono bisa dianggap sebagai upaya untuk melakukan serangan kepada kubu Jokowi-Ma’ruf.

Menurut Karyono, apa yang disampaikan Amien membuat publik menduga sebagai reaksi balik dari pemanggilan dirinya oleh Polda Metro Jaya atas tersangka kasus penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet.

Meski membongkar dugaan kasus-kasus korupsi merupakan hak dia sebagai warga negara di sisi lain langkah tersebut justru menunjukkan sikap reaksioner.

“Sikap Amien tersebut mencerminkan karakter reaksioner, tak jauh beda dengan sikapnya merespons kebohongan Ratna Sarumpaet yang mengaku dianiaya,” kata Karyono.

Menurut Karyono hal tersebut justru bisa menimbulkan persepsi negatif bagi Amien Rais dan bisa berdampak negatif pada pasangan calon presiden Prabowo-Sandiaga.

Selain itu, reaksi Amien Rais yang akan membongkar dugaan kasus besar yang masih mengendap di KPK mengekspresikan kepanikan.

Menurutnya, jika Amien membuat pernyataan yang bernada mengancam, malah bisa menjadi bumerang jika datanya kurang kuat. Tidak hanya itu, sikap Amien bisa menimbulkan reaksi balik dari kubu yang diserang.

“Amien Rais kan pernah dipanggil KPK juga atas dugaan menerima aliran dana dari kasus korupsi alat kesehatan untuk penanggulangan KLB yang menjerat mantan menteri kesehatan Siti Fadillah Supari,” kata Karyono.

“Lalu jika seandainya ada kasus lain yang melibatkan Amien Rais yang belum terungkap bisa jadi akan dibongkar.”

Meski begitu, Karyono menambahkan secara pribadi dirinya mendukung langkah pak Amien Rais untuk membongkar dugaan kasus korupsi jika didukung data yang kuat.

Sebelumnya, Amien Rais yang juga Ketua Dewan Kehormatan PAN berjanji bakal membongkar kasus yang ditangani KPK yang menurutnya merupakan perkara lama. Bahkan Amien mengklaim kasus tersebut akan menarik perhatian.

“Saya akan membuat fakta yang Insya Allah akan menarik perhatian. Tentang penegakan hukum dan korupsi yang sudah mengendap lama di KPK akan saya buka pelan-pelan,” kata Amien di Posko Pemenangan PAN, Jalan Daksa I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (8/10). [SAE/TGU]