Presiden: Ini Momentum Baru Kebangkitan Bangsa

Ilustrasi: Presiden Joko Widodo merapikan masker saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin, 23 Maret 2020/ Antara-Hafidz Mubarak A

Koran Sulindo – Presiden Joko Widodo mengatakan bangsa Indonesia harus menjawab pandemi Covid-19 dengan inovasi dan karya-karya nyata yang konkret.

“Ini adalah momentum baru. Ini adalah momentum baru bagi kebangkitan bangsa, Ini adalah momentum baru kebangkitan bidang sains dan teknologi kita dan khususnya di bidang kesehatan,” kata Presiden Jokowi, saat acara peluncuran Produk Riset, Teknologi dan Inovasi untuk Percepatan Penanganan Covid-19, melalui Video Conference yang disiarkan langsung akun YouTube Kemenristek/BRIN, di Jakarta, Rabu (20/5/2020).

Pada hari Kebangkitan Nasional ini, Presiden merujuk pada perjuangan dokter Cipto Mangunkusumo yang berjuang di garis terdepan untuk membasmi wabah pes saat itu.

“Hari ini kita patut berbangga karena dari tangan-tangan anak-anak bangsa, dari tangan-tangan kita sendiri kita mampu menghasilkan karya-karya yang sangat dibutuhkan,” katanya.

Menurut Jokowi, produk itu antara lain alat Rapid Test, PCR test kit, ventilator/emergency ventilator, Mobile Biosafety Level 2/BSL2 Laboratory, Imuno modulator, dan artificial intelligence untuk deteksi Covid-19, ini juga bisa dikerjakan sendiri.

“Dari yang saya lihat kemarin, saya sangat optimis bahwa hal-hal yang dulunya tidak pernah kita pikirkan dan kita hanya impor sekarang ini kita bisa mandiri karena kita bisa memproduksinya sendiri,” katanya.

Presiden mengharapkan Indonesia juga harus mampu menghasilkan vaksin sendiri.

“Saya gembira Lembaga Eijkman sudah mendapatkan data mengenai 7 urutan genome, genome lengkap virus yang sangat berguna untuk pengembangan vaksin,” katanya.

Karya-karya itu jangan berhenti di laboratorium dan sebatas prototipe saja tapi harus terus berlanjut.

“Harus bisa diproduksi secara massal untuk memenuhi kebutuhan domestik dan juga bisa ekspor ke mancanegara,” kata Jokowi. [RED]