Pantau Kesiapan Operasi Ketupat 2020, Wakapolri Inspeksi Merak dan Cikampek

Koran Sulindo – Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono didampingi oleh sejumlah perwira tinggi Polri menggelar inspeksi kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2020 di Pelabuhan Merak Banten hingga ruas Tol Cikampek pada Rabu (20/5).

“Tujuannya kita ke sana ingin melihat kesiapan anggota berkaitan dengan adanya Operasi Ketupat,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono.

Adapun hasil inspeksi tersebut, kata Argo menunjukkan bahwa jajaran kepolisian telah siapa dalam melaksanakan Operasi Ketupat.

“Tadi semua sudah dijelaskan ke Bapak Wakapolri, intinya bahwa personel TNI-Polri siap untuk mengamankan Operasi Ketupat ini ya,” ujar Argo.

Selain Pelabuhan Merak, lanjut Argo, Wakapolri juga meninjau jalur-jalur arteri di Banten hingga ke Cikampek, dan meninjau langsung pos pemeriksaan yang berada di jalur Cikampek.

“Bapak Wakapolri juga sempat mengecek di Cikampek ya. Kami melihat anggota TNI-Polri juga ke sana. Jadi di cek poin KM31 memang sudah ada posko di sana,” kata Argo.

Argo juga memastikan seluruh petugas yang berjaga di pos pengamanan dalam keadaan prima dengan memastikan jam kerja dan istirahat serta rotasi hari kerja. Semua itu dilakukan agar petugas selalu dalam kondisi terbaik untuk menjaga keamanan masyarakat di Jalan.

“Kemudian personel¬† dibuat 5 regu. Jadi untuk anggota tetap fit di jalan, tidak kecapekan,” kata Argo.

Semua personil, lanjut Argo benar-benar dijaga kesehatannya, agar mereka yang bertugas tidak mudah lelah.

“Misal saat menjaga di jalan itu 1 jam, kemudian 2 jam istirahat, dibuat satu hari masuk, dua hari istirahat. Jadi tetap menjaga kondisi tubuh, kesehatan anggota juga tetap dilihat jangan sampai anggota sakit. Ini semua sudah kami lakukan biar anggota tetap fit, sehat, dan bisa menjaga masyarakat di jalan,” ujar Argo.¬†[WIS]