Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa/nu.or.id

Koran Sulindo – Sekitar 7000 kader yang didominasi kaum perempuan dari berbagai wilayah Indonesia yang tergabung dalam kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) memenuhi Alun-alun Utara Yoga Sabtu (22/4). Mereka dengan antusias mengikuti Jambore Asosiasi Kelompok Usaha (AKU) yang dibuka oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang pada kesempatan itu mengajak para peserta menyanyikan lagu “Ibu Kita Kartini”.

Dalam sambutannya, Menteri Sosial mengharapkan hendaknya Jambore AKU ini mampu mewujudkan empat konsep keluarga, yakni: berkumpul (reuniting), berkomunikasi (interacting), berdaya (empowering), serta peduli dan berbagi (caring and sharing).

“Saya berharap adanya UPPKS ini bisa menjadi salah satu sumber daya penting dalam usaha meningkatkan taraf hidup keluarga Prasejahtera dan Keluarga Sejahtera 1,” ujar Khofifah.

Pada kesempatan itu Khofifah juga menyinggung RA Kartini yang baru saja diperingati pada 21 April kemarin. Dalam harapan Khofifah, para kader AKU harus bersemangat dan perlu terinspirasi dengan semangat yang digelorakan RA Kartini. “Perempuan yang terinspirasi menjadi kader UPPKS tampaknya sangat tepat mengambil contoh RA Kartini, dulu dia mampu mengubah paradigma terhadap perempuan dan saat ini kita semua bisa menjadi tonggak perubahan perekonomian keluarga dengan usaha yang kita buat bersama,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Umum DPP AKU, GKR Mangkubumi menjelaskan, Jambore AKU ini diadakan sebagai wahana komunikasi antarkader di Indonesia khususnya di Pulau Jawa. Di sini  para peserta bisa saling bertukar ide dan kreasi untuk memantapkan kualitas dan daya saing produk. “Kami berharap Jambore ini bisa melahirkan ide-ide baru bagi kader dan memajukan produk UPPKS,” ungkapnya.

Ditambahkan Khofifah, “Saya berharap usaha yang dilakukan ibu-ibu ini bisa diteruskan dan bisa berkembang dengan baik untuk mewujudkan keluarga yang kuat secara ekonomi,” ujar Khofifah lagi. [YUK]