Menhan: Ini Saatnya Kita Bersatu

Menhan: Ini Saatnya Kita Bersatu

Ilustrasi/Antara

Koran Sulindo – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengingatkan seluruh komponen bangsa untuk bahu-membahu dalam mengatasi penyebaran virus Corona jenis baru, COVID-19 di Indonesia.

“Kita sangat serius memandang ancaman yang kita hadapi ini adalah ancaman bagi kita semua bukan saja seluruh bangsa Indonesia tetapi seluruh dunia. Karena itu kita harus kompak, kita harus bekerja sama dengan baik, kita harus mendukung, kita harus saling membantu. Ini saatnya kita bersatu. Ini saatnya kita bahu membahu menghadapi ini, ” kata Prabowo, saat menerima alat kesehatan COVID-19 dari Shanghai, China di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (23/3/2020).

Menurut Menhan, tidak hanya Indonesia yang menghadapi ancaman COVID-19, melainkan seluruh dunia.

Dengan pengangkutan alat kesehatan COVID-19 dari Shanghai, China menunjukkan keseriusan kepada pemerintah Indonesia dan semua unsur pemerintah Indonesia yang bekerja sama dengan pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT), termasuk perusahaan swasta dari Tiongkok yang bekerja sama dalam menghadapi ancaman dari COVID-19 ini.

“Kita ucapkan terima kasih kepada perusahaan-perusahaan dan investor yang peduli, kita ucapkan terima kasih kepada TNI dan jajarannya yang menunjukkan sikap berani, gagah berkorban,” kata Menhan.

Alat kesehatan yang diangkut dari Shanghai terdiri dari disposable masks, n95 masks, protective clothing, goggles, gloves, shoe covers, infrared thermometer, dan surgical caps.

Kagumi Dokter dan Perawat

Menteri Prabowo Subianto juga menyatakan kekagumannya kepada para dokter, perawat, dan pekerja rumah sakit yang tiada hentinya untuk menangani pasien yang terjangkit Virus Corona jenis baru, COVID-19.

“Kau adalah pahlawan-pahlawan sekarang ini, kami berjanji akan berbuat yang terbaik untuk mendukung kalian membantu rakyat Indonesia,” kata Prabowo.

Menurut Menhan, Pemerintah sedang dan akan lebih bekerja keras lagi untuk menghadapi ancaman ini. “Kita yakin kalau kita bersatu, kita yakin ini akan kita atasi. Kita tidak perlu panik, tidak perlu risau bahaya ada dimana-mana, tapi kita berani dan mampu mengatasi ini,” kata Prabowo.

Sementara itu, jumlah kasus positif Virus Corona (COVID-19) di Indonesia terus bertambah. Data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menunjukkan ada tambahan 64 kasus positif di Indonesia pada Minggu (22/3).

Dengan tambahan tersebut, jumlah kasus positif Virus Corona di Indonesia kini menjadi 514. Dari data itu, sebanyak 437 pasien positif COVID-19 kini sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Hingga hari ini, sudah ada 48 pasien COVID-19 yang meninggal di Indonesia. Sedangkan pasien COVID-19 yang berhasil sembuh mencapai 29 orang. [RED]