Membingkai Soliditas TNI-Polri dalam Fotografi

Membingkai Soliditas TNI-Polri dalam Fotografi

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. [istimewa]

Koran Sulindo – Kepolisian Republik Indonesia membuktikan soliditas dengan TNI tak sekadar ucapan saja. Divisi Humas Polri menggelar lomba fotografi dalam rangka acara tahunan Rapat Pimpinan (Rapat) TNI-Polri 2019.

Lomba fotografi bertema ‘Soliditas TNI-Polri Membangun Negeri’ tersebut diikuti oleh 1.680 peserta dari seluruh Indonesia.

“Dari jumlah peserta yang mengirimkan foto, terlihat masyarakat antusias. Ada 1.680 foto yang kami terima dari berbagai daerah di Indonesia dalam waktu satu minggu saja setelah kami publikasikan perlombaannya,” ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Jenderal bintang dua ini menuturkan, tujuan lomba fotografi tersebut adalah membuktikan soliditas dan sinergitas TNI-Polri tak hanya sekadar ucapan belaka. Namun terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang diabadikan dalam frame-frame  foto.

“Tujuannya untuk memperlihatkan gambaran hubungan sinergi antara TNI-Polri. Tak hanya pada acara seremonial, tetapi dalam kehidupan sehari-hari, dalam menjalankan misi kemanusiaan, dalam menjalankan operasi-operasi gabungan, dan juga dalam kegiatan lainnya. Dalam setiap tarikan nafas anggota TNI-Polri,” kata Iqbal.

Perlombaan dibagi menjadi dua kategori berdasarkan latar belakang peserta yaitu jurnalis dan umum.

Dari 1.680 foto yang diterima, panitia menyeleksi hingga tersisa 174 foto yang kemudian dicetak untuk dipamerkan selama pelaksanaan Rapim TNI-Polri dan diserahkan ke dewan juri.

“Kenapa jurnalis? Karena pasti dalam setiap kegiatan yang diadakan TNI-Polri, selalu ada wartawan. Dan masyarakat umum juga ternyata tertarik mengabadikan momen kebersamaan TNI-Polri,” kata Iqbal.

Polri menggandeng fotografer kawakan Darwis Triadi sebagai ketua tim juri lomba foto tersebut. Dari 174 peserta yang fotonya telah diseleksi, juri menentukan tiga pemenang dari kategori jurnalis dan lima pemenang dari kategori umum.

“Pemenang kategori jurnalis ada dari jurnalis foto nasional dan jurnalis foto daerah. Untuk kategori unum ada tiga pemenang dari Kepulauan Riau, Surabaya, dan Magelang. Juga ada dari anggota TNI-Polri yang ikut berpartisipasi,” katanya.

Pemenang lomba foto mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp15 juta untuk posisi pertama, Rp10 juta untuk posisi kedua, dan Rp5 juta untuk posisi ketiga.(YMA/TGU)