Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Rumah Lembang, Jakarta, 15 Maret 2017.

Koran Sulindo – Sebagai ketua umum partai politik terlama di Indonesia, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengaku bisa menilai orang yang berpotensi terpilih menjadi kepala daerah. “Saya bisa melihat orang. Tentu tidak semua berhasil, tapi biasanya, kebanyakan yang saya pilih, bupati, wali kota, gubernur itu insya Allah sukses,” ungkap Presiden Kelima RI tersebut di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (15/3). Inilah kali pertama Megawati mengunjungi markas pemenangan pasangan Basuki-Djarot.

Contohnya, lanjut Megawati, adalah Joko Widodo, yang memenangi Pilkada DKI 2012 dan Pemilihan Presiden 2014. Karena itu, Megawati menginginkan semangat relawan saat memenangkan Jokowi pada Pilkada DKI 2012 dan saat Pilpres 2014 dapat terulang untuk memenangkan pasangan Basuki-Djarot pada Pilkada DKI 2017. “Waktu itu kan seluruh Indonesia, lebih berat. Masa sekarang hanya Jakarta? Kalau kita kalah, malu lo,” tutur Megawati.

Menurut Juru Bicara Tim Pemenangan Basuki-Djarot, Eva Kusuma Sundari, pertemuan Megawati dengan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu bersama para relawan bertujuan menguatkan koordinasi untuk pemenangan. Karena, kata Eva, parpol pengusung dan relawan selama ini terkesan berjalan sendiri-sendiri. ‚ÄúSelama ini kan partai dan relawan kelihatannya jalan sendiri-sendiri. Ini lebih untuk menguatkan, bukan evaluasi,” tutur Eva. [PUR}