Ini Usul Anggota Komisi I DPR Cegah Virus Corona Masuk Indonesia

Ini Usul Anggota Komisi I DPR Cegah Virus Corona Masuk Indonesia

Anggota Komisi I TB Hasanuddin/koransulindo.com

Koran Sulindo – Wabah virus corona yang merebak begitu cepat dan masif membuat sejumlah negara khawatir. Virus tersebut sudah menjangkiti ribuan orang dan telah menewaskan puluhan orang serta telah menyebar ke 12 negara.

Fenomena ini juga mendapat perhatian dari anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin. Politikus PDI Perjuangan ini mengusulkan kepada pemerintah untuk sementara menutup masuknya warga negara asing asal Tiongkok ke Indonesia.

“Demi keselamatan warga, sebaiknya pemerintah untuk sementara menutup masuknya warga negara asing asal China, sampai situasi memungkinkan,” kata Hasanuddin dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu.

Kepada warga Indonesia di Wuhan, Tiongkok, Hasanuddin mengimbau agar tidak panik. Berdasarkan data yang disampaikan pemerintah ada 93 orang WNI di kota tersebut. Umumnya adalah mahasiswa.

“Pemerintah juga harus terus secara masif memantau keberadaan WNI yang masih tertahan di Tiongkok. Kabar yang saya terima sejauh ini kondisi WNI di Wuhan baik dan sehat,” kata Hasanuddin.

Seperti diketahui, virus corona baru atau 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) ini berasal dari sebuah pasar hewan di kota Wuhan, di mana hewan-hewan eksotik dan daging hewan liar diperdagangkan secara bebas. Virus ini juga disebut sebagai virus corona Wuhan.

Kasus pertama virus ini muncul pada Desember 2019 dan semakin menyebar luas hingga kini. Virus corona baru asal Wuhan ini dinyatakan bisa menular dari manusia ke manusia. Diketahui bahwa virus corona pada umumnya hanya menyebar antar-hewan, atau dari hewan ke manusia. [KRG]