Transjakarta Tambah 5 Rute Baru Setiap Bulan

Transjakarta Tambah 5 Rute Baru Setiap Bulan

Ilustrasi: Harmoni Central Busway Transjakarta 4/wikimedia.org

Koran Sulindo – Transjakarta akan menambah lima rute baru tiap bulannya. Strategi ini untuk mencapai target 1 juta penumpang per hari. Hingga saat ini, jumlah penumpang Transjakarta per harinya telah mencapai sekitar 800 ribu orang, dan sedang menuju 900 ribu. PT Transjakarta menyebut strategi ini dengan “Gerakan 900K gaspol”.

“Pokoknya kita mesti ‘gas’ gimana caranya supaya bisa mencapai 900 ribu penumpang per hari dalam satu sampai dua bulan ini. Kalau sudah 900 ribu kan tinggal selangkah lagi 1 juta,” kata Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Daud Joseph, di Jakarta, Selasa (18/6/2019), melalui rilis media.

PT Tranjakarta juga terus membuka rute-rute baru dan menambah jumlah bus kecil.

“Dengan itu pasti jumlah penumpang akan naik. Nanti akan ada total penambahan 93 rute, sesuai dengan surat keputusan Dinas Perhubungan,” katanya.

Menurut Daud, pengintegrasian Transjakarta dengan transportasi Moda Raya Terpadu (MRT) dan Lintas Rel Terpadu (LRT) sangat membantu mencapai target 1 juta penumpang per hari.

“Sebelum ada MRT jumlah penumpangnya sekitar 700 ribu (per hari) setelah berintegrasi dengan MRT menjadi 800 ribu,” kata Daud.

Jakarnaval

Sementara itu, dalam rangka ikut meramaikan ulang tahun (HUT) Jakarta ke-492, beragam jenis bus Transjakarta berhias akan tampil dalam perhelatan Jakarnaval 2019.

“Kita akan memeriahkan Jakarnaval, di sana kita akan mengerahkan beberapa bus kita untuk diikutsertakan, ada bus tingkat, bus ‘single’, dan bus sedang yang akan dihias,” kata Daud.

Bus-bus hias tersebut akan melakukan pawai di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, dan akan berjalan iring-iringan di depan podium kehormatan.

Jakarnaval 2019 yang merupakan acara tahunan ini akan digelar dengan rute pawai mulai dari Kantor Balai Kota DKI Jakarta menuju Bundaran Hotel Indonesia, setelah itu, pawai berbalik arah menuju Monas. Selain terdapat pawai, akan ada pula pertunjukan-pertunjukan seni budaya, dan panggung hiburan yang megah.

Jakarnaval diselenggarakan pada 30 Juni nanti.

Transjakarta juga mendukung HUT DKI Jakarta dengan membuka rute-rute menuju Pekan Raya Jakarta (PRJ), di JIExpo Kemayoran.

“Kita juga mendukung keramaian di PRJ dengan membuat rute-rute menuju PRJ dari Monas, Pulogadung, Pusat Grosir Cililitan (PGC), dan Kampung Melayu, sejak awal pembukaan sampai nanti akhir PRJ,” kata Daud. [Didit Sidarta]