Sambut 71 Tahun Indonesia Merdeka, PLN Hapus Subsidi Pelanggan 900 VA

Sambut 71 Tahun Indonesia Merdeka, PLN Hapus Subsidi Pelanggan 900 VA

Sulindomedia – ┬áMulai Juli 2016, PT PLN (Persero) akan mencabut subsidi pelanggan listrik golongan 900 volt ampere (VA). Demikian diungkapkan Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir.

Menurut Sofyan, penyisiran terhadap pelanggan listrik berdaya 900 VA akan diselesaikan pada bulan Juni 216. Dengan begitu, tarif listrik pelanggan dengan daya tersebut akan mengalami penyesuaian karena subsidi telah dicabut. “Akhir Juni [selesai penyisiran]. Jadi, Juli itu nanti yang 900 VA naik, tidak disubsidi lagi,” kata Sofyan di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Untuk sekarang ini, tambahnya, tarif listrik golongan 900 VA masih normal dan belum mengalami penyesuaian. Jika ada pelanggan yang telah mulai mengalami kenaikan tarif, itu lantaran telah berganti jenis meteran pengukur. “Kalau naik, itu berarti sudah dinaikkan meterannya, diganti jadi 1.300 VA, karena harusnya belum. Jadi, ada 18 juta pelanggan yang harus bayar normal,” tuturnya.

Masih punya tenagakah rakyat kecil menjerit ketika subsidi listrik itu dicabut, mengingat sekarang ini harga-harga kebutuhan pokok berlomba naik? [CHA/PUR]