Megawati Dialog dengan Wapres Tiongkok dan Sejumlah Mantan Kepala Negara

Megawati Dialog dengan Wapres Tiongkok dan Sejumlah Mantan Kepala Negara

Ilustrasi: Presiden RI Kelima yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menghadiri pembukaan The World Peace Forum ke-8, di Universitas Tsinghua, Beijing, Senin (8/7/2019)/Istimewa

Koran Sulindo – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri melakukan pertemuan multilateral bersama empat tokoh internasional sebelum menghadiri pembukaan The World Peace Forum ke-8, di Universitas Tsinghua, Beijing, Senin (8/7/2019).

Megawati, yang juga Presiden Republik Indonesia kelima bersama mantan Perdana Menteri Singapura yang sekaligus pimpinan delegasi Singapura Goh Chok Tong, mantan Presiden Afghanistan Hamid Karzai, mantan Perdana Menteri Belgia, Herman Van Rompuy, dan mantan Menlu Rusia Igor Ivanov bertemu dengan Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan.

Pertemuan berlangsung hampir 10 menit. Tampak Megawati berbincang akrab dengan Hamid Karzai, Herman Van Rompuy dan Igor Ivanov.

Megawati mengajak cucu perempuannya, Diah Pikatan Orissa Putri, dalam pertemuan terbatas tersebut. Dan dia memperkenalkannya kepada tiga tokoh tersebut.

Kemudian tiba Goh Cok Tong. Mereka bersalaman dan berbincang-bincang.

Tak lama kemudian wakil presiden Republik Rakyat Tiongkok Wang Qishan tiba di ruangan dan menyalami mereka satu persatu. Wapres RRT mengatakan selamat datang di Tiongkok.

Wapres Wang saat berdialog dengan Megawati, mengatakan bahwa dirinya teringat betapa Presiden Soekarno begitu dikenal di Tiongkok.

“Presiden Soekarno sangat terkenal di Tiongkok terutama untuk generasi saya,” ucap Wapres Wang.

“Saat itu saya masih kecil, saya ikut dijalan untuk menyambut kedatangan Presiden Soekarno,” ungkap Wapres Wang. Semuanya tertawa lepas mendengarkan apa yang disampaikan Wapres Wang.

“Terimakasih,” jawab Megawati tersenyum. Selanjutnya, mereka acara ramah tamah berlangsung singkat.

Setelah pertemuan itu, Presiden Wang mengajak Megawati dan para pimpinan delegasi berfoto bersama dengan sejumlah pemimpin dunia dan perwakilan delegasi yang hadir di forum tersebut.

Usai upacara pembukaan, Megawati bertemu dengan Presiden Universitas Tsinghua, Mr. Qiu Young.

Megawati lalu menjelaskan hasil pertemuannya kepada pers. Megawati mengaku tak bisa berbincang tentang banyak hal dengan Wapres Wang Qishan. Namun, dia mengaku terkesan dengan pengalaman Wapres Wang soal Soekarno, yang juga ayahanda Megawati.

“Bung Karno itu di Tiongkok memang sangat terkenal. Waktu Konferensi Asia Afrika pertama, Bung Karno lah yang meminta kepada Mao Zedong melalui Perdana Menteri Chou Enlai untuk masuk ke Konferensi Asia Afrika, dan sangat diterima oleh Tiongkok,” kata Megawati. [CHA/Didit Sidarta]