Lebih 10 Ribu Alumni UI Hadiri Deklarasi Dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf

Lebih 10 Ribu Alumni UI Hadiri Deklarasi Dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf

Ilustrasi/Istimewa

Koran Sulindo – Ribuan orang alumnnus Universitas Indonesia (UI) memadati Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, hari ini.

Lebih dari 10 ribu orang memadati Plaza Tenggara Gelora Bung Karno (GBK), sejak sekitar pukul 14.00 WIB, meskipun panitia mengumumkan Presiden Joko Widodo baru hadir pada pukul 16.00 WIB dalam acara deklarasi mendukung pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin tersebut.

Lokasi acara yang tidak begitu luas menyebabkan peserta agak berdesak-desakan.

Acara ini diketuai Fadjar Soeharto alumni Fakultas Teknik UI, didesain Jay Subiakto dan musik oleh Addie MS.

Para peserta yang hadir ternyata tak hanya alumnnus UI yang mengenakan kaos berkaos kuning dan bertuliskan “We are Alumni UI for Jokowi”. Ada juga alumni Universitas Trisakti yang mengenakan kaos biru bertuliskan “Kami Alumni Trisakti Pendukung Jokowi 1.

Tampak juga alumni Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) mengenakan kaos biru ” Arek Alumni ITS Pendukung Jokowi”.

Seperti dikutip antaranews.com, alumnus perguruan tinggi lainnya yang tampak adalah dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sementara itu dikutip Liputan6.com, pukul 15.00 WIB Sabtu (12/1/2019), konduktor Deklarasi, Addie MS memimpin para peserta untuk menyanyikan lagu kebangsaan di awal acara.

“Nanti pasti akan lebih bersemangat lagi saat Pak Presiden Jokowi datang,” kata Addie kepada para peserta, Plaza Tenggara Kompleks GBK, Jakarta, Sabtu (12/1/2019).

Setelah itu sambil menunggu kedatangan Presiden Jokowi, panitia mengajak para peserta untuk latihan lagu-lagu nasional, antara lain Indonesia Raya, Bangun Pemudi-Pemuda, serta Garuda Pancasila.

Sebelumnya, Ketua Gerakan Alumni UI untuk Jokowi-Ma’ruf Amin, Fajar Soeharto, mengatakan deklarasi dukungan para alumni untuk Capres-Cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin inisiatif dari individu alumni Universitas Indonesia.

Ilustrasi/Kumparan.com

Bersepeda

Calon presiden inkumben Jokowi akhirnya tiba di lokasi acara mengendarai sepeda.

“Selamat datang Pak Jokowi,” ujar pembawa acara disambut teriakan Jokowi lagi oleh para peserta acara.

Jokowi hadir pada pukul 16.20. Sepeda yang dikendarai buatan salah seorang alumnus ITB, Singgih Susilo.

Jokowi datang dengan menggowes sepeda berwarna cokelat sambil mengenakan helm berwarna putih, kemeja panjang putih serta celana jeans berwara biru muda. Jokowi langsung meluncur ke panggung utama yang sudah disediakan oleh panitia penyelenggara.

Hadir juga Menteri Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Turun dari sepeda, Jokowi melambaikan tangan kepada seluruh alumni yang hadir.

Seperti dikutip merdeka.com, sebelum Jokowi sampai di panggung utama yang kira-kira masih berjarak 200 meter, ratusan pendukungnya sudah mulai berteriak histeris. Ada yang sambil merekam dengan telepon genggamnya, sambil melompat dan sesekali melambaikan tangan ke Jokowi.

Sesampainya di atas panggung utama, Jokowi langsung turun dari sepedanya dan melepaskan helmnya. Setelah itu, dia langsung kembali disambut secara gemuruh oleh para relawan.

Tak lama kemudian, Jokowi bersama dengan para relawan langsung menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin langsung oleh Addi M.S. Usai menyanyikan lagu, langsung diawali oleh doa bersama dan disusul pembacaan deklarasi dukungan terhadap Jokowi oleh Alumni UI. [DAS]