Koalisi Parpol Jokowi Tolak RUU Permusikan

Koalisi Parpol Jokowi Tolak RUU Permusikan

Ilustrasi/Istimewa

Koran Sulindo – Sekretaris Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma’ruf Amin Hasto Kristiyanto menerima deklarasi dukungan dari komunitas milenial yang bergelut di bidang musik. Dalam kesempatan Hasto menegaskan komitmen parpol pendukung Jokowi-KH Ma’ruf Amin untuk menolak RUU Permusikan yang memasung kreativitas para musisi.

Deklarasi kaum milenial itu dilakukan di sela-sela Safari Kebangsaan VII yang dipimpin Hasto, di Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (8/2/2019). Salah satunya adalah grup band lokal Sanitarium yang berisikan fans fanatik Metallica.

Saat tiba di acara deklarasi, Hasto beserta rombongan langsung disambut lagu slow rock dari Sanitarium. Vokalis serta gitaris Sanitarium, Ucok mengenakan kaus Metallica tampak lihai memainkan gitarnya di atas Panggung Terbuka Milenial. Mereka menghibur para tamu. Selain Hasto, ada Juru Bicara TKN Ahmad Basarah dan Wasekjen Baitul Muslimin Indonesia Nova Andika.

Dalam acara ini, Hasto memberikan semangat kepada musisi muda untuk terus berkreasi. Hasto juga menilai negara ini akan terus maju jika pemudanya tetap berkreasi dan berinovasi. “Bung Karno pernah menyebut beri aku sepuluh pemuda maka akan kuguncang dunia,” kata Hasto.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan itu menyatakan bahwa dirinya melihat musik sangat penting. Tak hanya musik barat, musik tradisional pun harus dilestarikan sebagai jati diri bangsa. Ia mengkritik keras Rancangan Undang-undang (RUU) Permusikan yang saat ini menjadi polemik, karena dianggap mengekang kreativitas dalam bermusik.

“Ada pihak-pihak yang mencoba sekadar memasukkan regulasi ke Undang-undang. RUU Musik misalnya. RUU Musik belum diperlukan karena ruang kreasi harus diberikan ruang sepenuhnya,” kata Hasto.

Hasto tidak rela ada pihak yang mencoba menyalahgunakan wewenangnya untuk mengekang permusikan Indonesia demi keuntungan semata. Hal itu, menurut dia, justru akan membunuh ruang seni, musik dan kebudayaan Indonesia.

Hasto juga meminta dukungan dari musikus muda agar memenangkan Jokowi – Ma’ruf di Pilpres 2019. Mengingat, Paslon 01 sangat peduli dengan musik dan kaum muda.

Pernyataan Hasto itu disambut tepukan meriah dari para anak muda itu. Berkali-kali teriakan ‘betul’ mengiringi pernyataan Hasto.

Sementara, Ucok pria berdarah Batak sebagai musisi yang juga bergelut dengan kelompok penyanyi jalanan mengaku punya banyak kesamaan dengan Jokowi. Baginya, mantan gubernur DKI itu sangat menghargai musik karena pernah mengundang musikus dan seniman ke Istana Kepresidenan. Apalagi Jokowi juga pernah menghadiri konser Metallica di Jakarta.

“Untuk musik, saya salut sekali ke Pak Jokowi. Saya bahkan melihat beliau sebagai musisi. Hebatnya, beliau datang ke konser Metallica dan antusias beliau sangat hebat sekali,” kata Ucok yang sama-sama menyukai Metallica itu.

Selain masalah musik, Ucok juga melihat pemerintahan Jokowi sangat fokus dalam membangun infrastruktur dari pinggiran. Menurut dia, pembangunan itu sangat berguna bagi rakyat kecil. “Harapan kami sekarang beliau bisa menang dua periode,” tegas Ucok.

Hasto yang dihibur oleh musisi dari beberapa genre. Mulai dari rock, pop, tradisional hingga reggae naik ke panggung berjoget bersama.

Setelahnya, para milenial dari berbagai ragam jenis musik itu mendeklarasikan dukungannya. Mereka membentangkan spanduk yang berisi dukungan, lalu berfoto bersama dengan para petinggi TKN yang hadir. [CHA]