Koran Sulindo – ┬áTelkomsel akan mendemonstrasikan teknologi 5G miliknya pada

momentum Asian Games 2018, yang akan dibuka 18 Agustus 2018. Berbagai persiapan untuk itu pun telah dilakukan, antara lain dengan membangun jaringan dan menyediakan device-nya di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

“Kami sudah pasang empat BTS 5G di situ menggunakan spektrum 28 GHz,” ungkap Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah.

Walau masih berupa uji coba, Ririek mengatakan jaringan 5G Telkomsel di GBK secara teknis sudah siap. Jaringan 5G Telkomsel yang didemonstrasikan di GBK menurut Ririek menggunakan spektrum 800 MHz, dengan kapasitas throughput maksimal mencapai 16 Gbps.

“Kami menggunakan spektrum 800 MHz, dengan kapasitas throughput maksimal mencapai 16 Gbps,” kata Ririek Adriansyah di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat (10/8). “Kalau mau donwload satu harddisk 16 Gigabite hanya butuh satu detik.”

Bukan hanya jaringan 5G, Telkomsel juga menyajikan jaringan 4,9G di lingkungan GBK. Jaringan 4,9G ini memiliki kecepatan, kata Ririek, bisa mencapai 300 Mbps.

Selain itu, Telkomsel menambah 1.000 BTS 4G yang disebar di berbagai venue Asian Games, plus di fasilitas pendukung lainnya, seperti Wisma Atlet dan titik-titik tempat berkumpulnya massa. Lima belas mobile BTS dan 100 mobile Grapari juga disediakan Telkomsel, untuk mendukung layanan komunikasi para peserta Asian Games 2018.

Sebelumnya, pada tahun 2017 lalu, Telkomsel telah melakukan uji coba kecepatan 5G menggunakan dua BTS. Ketika itu, kecepatan download-nya dari uji coba tersebut mencapai 70 Gbps. Uji coba ini memang hanya untuk menunjukkan seberapa kencang kecepatan yang bisa dicapai oleh jaringan 5G.

Akan halnya demonstrasi yang digelar bersamaan dengan momen Asian Games lebih menekankan ke penggunaannya (use case). Berbagai use case itu dapat dicoba di booth 5G Experience Telkomsel di GBK. [RAF]