Janji Pemerintah kepada Warga Jakarta Timur soal Sertifikat Lahan

Janji Pemerintah kepada Warga Jakarta Timur soal Sertifikat Lahan

Ilustrasi/setkab.go.id

Koran Sulindo – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN menargetkan akan menerbitkan sertifikat untuk seluruh tanah di Jakarta Timur pada 2019. Hingga saat ini, masih ada sekitar 203 ribu bidang tanah yang belum terdaftar.

Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan Djalil mengatakan, jumlah bidang tanah di Jakarta Timur mencapai 502 ribu bidang tanah. Dari jumlah itu, baru 299 ribu bidang lahan yang tersertifikasi. “Sisanya ada 203 ribu bidang tanah. Tahun ini kami daftarkan 140 ribu bidang tanah,” kata Sofyan seperti dikutip kompas.com pada Senin (3/12).

Di hadapan warga Jaktim, di Rusun Rawa Bebek, Cakung, Jakarta Timur, Sofyan berjanji, pihaknya akan menerbitkan seluruh sertifikat tanah warga Jakarta Timur pada 2019. Karena itu, ia meminta warga untuk bersabar karena pemerintah berupaya untuk segera merealisasikan penerbitan sertifikat tanah.

Presiden Joko Widodo, kata Sofyan, sangat berkomitmen untuk itu. Ditambah lagi ada dukungan dari Gubernur DKI Jakarta. Karena itu, tahun depan seluruh tanah di Jakarta akan terdaftar.

Presiden Jokowi sebelumnya telah membagikan 5.000 sertifikat tanah bagi warga Jakarta Timur di kawasan Rusunawa Rawa Bebek, Cakung, Jakarta Timur. Masyarakat, kata Jokowi, seharusnya sudah menerima 126 juta bidang tanah. Kenyatannya, baru 46 juta bida tanah yang tercatat tersertifikasi. [KRG]