Indonesia Diperkirakan Bebas Covid-19 pada 5 September

Ilustrasi/Liputan6.com-Fery Pradolo

Koran Sulindo – Indonesia diperkirakan baru akan bebas kasus corona (Covid-19) mulai 5 September 2020 nanti. Perkiraan itu dinyatakan Data-Driven Innovation Lab milik Singapore University of Technology and Design (SUTD per 30 April 2020.

Menurut data itu, Indonesia tidak akan memiliki kasus Covid-19 sejak 8 Juli 2020.


Ilustrasi: Simulasi prediksi berakhirnya pandemi COVID-19 di Indonesia oleh Singapore University of Technology and Design per 30 April 2020/Singapore University of Technology and Design

Prediksi ini dibuat menggunakan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) berbasis pemodelan matematika menggunakan data SIR (susceptible-infected-recovered).

Pemodelan ini meregresikan data orang terduga pengidap COVID-19, pasien positif, dan pasien sembuh yang dihimpun dari Our World in Data. Data tersebut menghasilkan simulasi kurva pandemi COVID-19 di sejumlah negara yang akan selalu diperbarui sesuai dengan perkembangan data COVID-19 di masing-masing negara.

Data ini berubah dan diperbarui setiap hari. Per 28 April lalu, Indonesia diperkirakan bebas Virus Corona pada 1 September 2020.

Pemerintah membuat sejumlah aturan untuk menekan angka penyebaran COVID-19 termasuk kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), rapid test massal, dan pelarangan mudik.

Kasus positif COVID-19 yang diumumkan pemerintah Indonesia terus meningkat. Sampai hari ini, Kamis (30/4), pemerintah mengumumkan jumlah kasus sudah melebihi angka 10 ribu, persisnya 10.118 kasus positif, Dari jumlah itu sebanyak 792 pasien meninggal dunia, dan 1.522 orang sembuh. [RED]