Peraih Juara pada Kejuaraan Dasril Muchtar Cup 2024

Kejuaraan Dasril Muchtar Cup kedua yang diselenggarakan secara International terbuka dan Festival pada tanggal 24-26 Mei 2024 bertempat di Gymnasium Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Kejuaraan ini diikuti oleh Institut Karate-Do Nasional Jawa Barat, dan kembali menjadi Juara Umum dalam kejuaraan tahun ini.

Dengan demikian INKANAS JABAR mendapatkan hadiah Grand Champion senilai total Rp 20.000.000 setelah meraih 17 medali emas, 11 medali perak dan 37 medali perunggu. Disusul oleh INKANAS Jakarta Timur yang meraih hadiah Grand Champion kedua senilai Rp 15.000.000 dengan perolehan 11 emas, 9 perak dan 12 perunggu diikuti dengan Grand Champion ketiga oleh INKANAS Sumatera Barat yang mendapatkan hadiah senilai Rp 10.000.000 dengan perolehan medali 6 emas 1 perak dan 3 perunggu. Tidak hanya itu, setiap masing-masing juara Best of The Best di kategorinya mendapatkan hadiah Rp 3.000.000.

Kegiatan ini merupakan kali kedua perhelatan Kejuaraan Karate yang mengenang almarhum Dasril Muchtar. Almarhum dikenal karena perjuangan dan persahabatannya dengan Perguruan dan Karate-Ka manapun seluruh Indonesia.

Peninggalannya yang masih diteruskan hingga saat ini adalah Program Karate Masuk Sekolah yang digalakkan pada era kepemimpinan Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia Bpk Luhut Binsar Pandjaitan.

Dengan Program Karate Masuk Sekolah, kini Karate turut dipertandingkan di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional dan juga terdapat program-progam pembinaan Karate di Sekolah yang setiap juara nasionalnya selalu dikirimkan di Luar Negeri dan terdapat beasiswa dan program pembinaan khusus di sekolah yang dilakukan di masing-masing daerah.

Untuk itu, perhelatan kedua ini diselenggarakkan secara Open dan Festival Internasional agar dapat dinikmati oleh seluruh sahabat-sahabat Dasril Muchtar diseluruh dunia yang akrab dipanggil Pacik.

Penanggung Jawab dari Kejuaraan ini, Ricky Muchtar, mengatakan bahwa pada kegiatan ini tidak mau tanggung-tanggung. Untuk itu, Chief Referee yang bertugas pada kejuaraan ini didatangkan langsung Dewan Wasit Asian Karate Federation (AKF) Michael Huang dari negara Taiwan. Dan tidak menutup kemungkinan untuk Dasril Muchtar Cup berikutnya akan diselenggarakan lebih menarik lagi seperti mendatangkan atlet juara dunia. [KJO]