Ketua Umum Seknas Jokowi, Muhammad Yamin/istimewa

Koran Sulindo – Seknas Jokowi melakukan gerakan melawan berita-berita palsu (hoaks) yang beredar di media massa dan media sosial dengan cara sosialisasi dari pintu ke pintu (door to door).

“Sebagai organisasi relawan Jokowi kita berkewajiban melawan hoaks yang bertebaran di media massa dan medsos,” kata Ketua Umum Seknas Jokowi, Muhammad Yamin, saat membuka pelatihan di markas Seknas Jokowi, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (28/4/2018).

Pelatihan diikuti sekitar 150 relawan itu digelar dalam rangka gerakan sosialisasi door to door melawan hoax.

Untuk angkatan pertama ini, pelatihan diikuti 150 orang relawan Seknas dari seluruh kelurahan dan kecamatan di wilayah Jakarta Timur. Selanjutnya, para relawan itu akan diterjunkan untuk mengkampanyekan anti-hoax ke setiap rumah di wilayah mereka masing-masing.

“Kita akan terus melakukan pelatihan dan gerakan seperti ini di Jakarta dan seluruh wilayah Indonesia, karena berita-berita hoax itu sudah sampai tahap meresahkan masyarakat. Kalau tidak kita lawan, nantinya akan memecah persatuan bangsa,” kata Yamin.

Selain untuk melawan hoax, para relawan itu juga akan mensosialisasikan berbagai kesuksesan pembangunan yang telah dilakukan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. [DAS]