pilkada serentak
Ilustrasi pilkada serentak 2018 [Foto: Istimewa]

Koran Sulindo – Sebanyak 486 bakal calon kepala daerah yang maju di Pilkada serentak 2020 dinyatakan memenuhi syarat. Data tersebut sewaktu-waktu bisa berubah.

“Kami sampaikan bahwa data ini masih akan berubah sampai input silon oleh daerah selesai,” kata anggota KPU RI Evi Novida Ginting Manik di Jakarta, Kamis (24/9).

Sementara, pendaftaran pasangan calon calon gubernur dan wakil gubernur yang memenuhi syarat sebanyak 13 pasangan.

Total bakal pasangan calon bupati dan atau wali kota yang memenuhi syarat secara keseluruhan yakni 473 pasangan dan yang tidak memenuhi syarat sebanyak 1 pasangan calon.

Data yang masuk ke KPU RI untuk total kabupaten dan kota yang sudah melakukan penetapan sebanyak 182 kabupaten kota dari 261 kabupaten kota. Kemudian, provinsi yang sudah melakukan penetapan sebanyak 5 dari 9 provinsi.

Bakal pasangan calon kepala daerah yang mendaftar ke KPU dilaporkan sebanyak 743 pasang, sebanyak 741 bakal pasangan calon diterima pendaftarannya dan dua ditolak.

Pemilihan gubernur dan wakil gubernur dengan status diterima sebanyak 25 bakal pasangan calon yang tersebar di 9 provinsi, pemilihan gubernur dan wakil gubernur dari jalur partai politik sebanyak 25 calon.

Pemilihan bupati dan wakil bupati dengan status diterima sebanyak 615 bakal pasangan calon yang tersebar di 236 kabupaten. Pemilihan wali kota dan wakil wali kota dengan status diterima sebanyak 101 bakal pasangan calon yang tersebar di 46 kota.

Total bakal pasangan calon bupati dan atau wali kota dari jalur perseorangan sebanyak 69 calon. Total bakal pasangan calon bupati dan atau wali kota dari jalur partai politik sebanyak 672 calon, total daerah dengan calon tunggal sebanyak 25 kabupaten kota. [WIS]