Ilustrasi: Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani/Eno-Man

Koran Sulindo – Ketua DPR RI Puan Maharani membuka pameran foto yang digelar dalam rangka Hari Perempuan Internasional di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen,  Senayan, Jakarta, Senin (8/3). Pameran foto itu digelar oleh Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia hingga 18 Maret 2021.

Puan menyampaikan bahwa dalam pameran foto ditampilkan peran dan kinerja perempuan-perempuan anggota MPR, DPR, dan DPD beserta dengan cerita saat foto itu diabadikan. Masing-masing perempuan anggota parlemen memberikan tiga foto untuk dipamerkan dalam acara tersebut.

”Kegiatan ini dilakukan secara gotong royong, selamat Hari Perempuan Internasional, kita perempuan hebat, perempuan tangguh, yang ikut menentukan majunya bangsa ini ke depan,” kata Puan dalam pidato pembukaan pameran foto tersebut.

Puan sendirimemberikan tiga foto untuk dipamerkan dan satu diantaranya adalah foto saat bertemu dan menemani seorang anak memberi makan ikan di halaman Islamic Center, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung. Foto itu diambil saat kunjungan kerja meninjau ke Provinsi Lampung pada pekan lalu.

Politikus PDI Perjuangan ini menceritakan tentang seorang anak bernama Hari yang ditemuinya dan diajak untuk bersama memberi makan ikan. Anak itu sedang duduk sendiri menunggu temannya untuk salat Jumat bersama.

“Saat saya mau jalan ke kolam ikan, ada anak kecil duduk sendiri, saya dekati, saya tanya, sambil memberi makan ikan yang banyak banget,” terang Puan.

“Itulah cerita di balik foto, saya ketemu sekitar 30 menit sebelum salat Jumat. Itu bukan skenario, tapi spontanitas. Bahagia itu sederhana, buat saya juga suatu kebahagiaan,” urai Puan.

Saat membuka pameran foto Puan didampingi Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad, Rachmat Gobel, dan Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamuddin, serta Ketua Presidium Kaukus Perempuan Parlemen Diah Pitaloka.

“Pameran foto-foto ini menunjukkan bahwa perempuan-perempuan ini mampu, kita bisa bersama bapak-bapak mengambil keputusan penting di parlemen,” ujar Puan. [CHA]