Pengarahan Jokowi di Rakernas Projo Tertutup bagi Media

Pengarahan Jokowi di Rakernas Projo Tertutup bagi Media

Pidato Presiden Joko Widodo dalam rapat umum relawan Jokowi di Sentul, Bogor, 4 Agustus 2018 lalu/Ricad Saka/kumparan

Koran Sulindo – Calon presiden Joko Widodo memberikan pengarahan dalam penutupan Rapat Kerja Nasional IV relawan pendukung Jokowi ‘Projo’, hari ini. Arahan itu tertutup, tidak boleh diliput media.

Sebelumnya Jokowo mengatakan pendukungnya yang tergabung dalam “Projo” benar-benar ingin berjuang demi negara.

“Saya meyakini relawan Projo ini bukan relawan ‘kardus’, betul-betul relawan yang militansi, punya semangat daya juang yang tinggi, ingin ikut memperbaiki negara ini,” kata Jokowi, di hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Minggu (16/9/2018), seperti dikutip antaranews.com.

Jokowi juga meyakini pemilu presiden 2019 nanti adalah kontestasi ide dan bukan debat yang membawa isu SARA (Suku, Agama dan Ras).

“Saya kira memang ini sekali lagi, kontestasi ini harus diisi dengan kontestasi program, adu program, adu ide, gagasan. Saya kira ini akan mendewasakan dan mematangkan cara-cara berpolitik masyarakat,” kata Jokowi.

Rakernas Projo ini digelar sejak Sabtu (15/9/2018). Sejumlah tokoh sudah menyampaikan pembekalan kepada para relawan, antara lain Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin ,Erick Tohir dan Wakil Ketua TKN yang juga Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Terus Bertambah

Sementara itu dukungan kelompok relawan terhadap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Jokowi-Ma’ruf Amin bertambah lagi. Hari ini relawan yang menamakan diri Barisan Relawan Bhinneka Jaya (Bara Baja) mendeklarasikan dukungannya di Tugu Proklamasi, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta.

Acara itu dihadiri Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maman Imanulhaq.

“Deklarasi dukungan dari relawan Bara Baja kepada Pak Jokowi dan Pak Ma’ruf sebagai pasangan capres-cawapres, merupakan respons positif dari masyarakat terhadap kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang merakyat,” kata Hasto,dalam sambutannya di acara itu, seperti dikutip antaranews.com.

Menurut Hasto, pasangan Jokowi-Ma’ruf membuka ruang ekspresi bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk menyampaikan aspirasi dan dukungannya.

Hasto mengimbau para relawan untuk membantu Jokowi-Ma’ruf, menyampaikan kepada masyarakat program-program yang baik dan positif serta menyikapi informasi-informasi dari elite secara cermat dan damai.

“Kami tak punya DNA untuk berkampanye secara negatif, nggak punya tradisi menyakiti rakyat,” kata Hasto. [DAS]