PDI Perjuangan: Tahun Baru Imlek Momentum Perkuat Persaudaraan Kokoh sebagai Satu Bangsa

PDI Perjuangan: Tahun Baru Imlek Momentum Perkuat Persaudaraan Kokoh sebagai Satu Bangsa

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto/CHA

Koran Sulindo – PDI Perjuangan mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2019, Gong Xi Fa Cai 2570. Peringatan tahun baru Imlek, dalam perspektif kebudayaan, menampilkan wajah Indonesia yang begitu beragam.

“Inilah indahnya keberagaman Indonesia. Mari kita bangun persaudaraan yang kokoh sebagai satu bangsa dengan bhineka tunggal ika,” kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, di Jakarta, Selasa (5/2/2019)

Menurut Hasto, dalam sejarah peradaban yang panjang, nusantara menerima kehadiran migrasi penduduk dari Afrika sejak 1.8 juta tahun yang lalu. Kemudian disusul migrasi ras Melanesia sejak 100 ribu tahun yang lalu, diikuti gelombang kedua pada 50 ribu tahun yang lalu, dan akhirnya juga diikuti kehadiran ras Melayu-Austronesia, Tionghoa, Arab, India, dan lainnya yang kesemuanya membentuk Indonesia seperti saat ini.

“Semua warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum, dan menyatukan diri karena perasaan senasib sebagai satu bangsa yang bertanah air satu Indonesia,” katanya.

Atas dasar sejarah peradaban yang membentuk Indonesia sebagai titik temu dan sintesa berbagai kebudayaan yang saling beralkulturasi dan menjadi Indonesia tersebut.

“Hasilnya kita rasakan bersama bagaimana Indonesia hadir sebagai bangsa toleran, tepo sliro dan terus mengedepankan semangat persaudaraan sebagai satu bangsa,” kata Hasto.

PDI Perjuangan sebagai Rumah Kebangsaan Indonesia Raya terus membumikan semangat kebangsaaan, kerakyatan dan persaudaraan satu keluarga besar Indonesia yang memiliki satu cita-cita luhur, masyarakat adil dan makmur untuk semua. [CHA]