Pasangan Praveen dan Debby Juara All England 2016

Pasangan Praveen dan Debby Juara All England 2016

Sulindomedia – Pasangan ganda campuran Indonesia Praveen Jordan dan Debby Susanto berhasil menekuk pasangan Denmark Joachim Fischer dan Christinna Pedersen pada kejuaraan All England 2016, dengan skor 21-12, 21-17, yang berlangsung di Birmingham, Inggris, Ahad (13/3/2016). “Saya sangat senang dapat menjuarai All England. Terima kasih untuk para pendukung dan penonton. Dukungan penonton yang riuh membuat kami seperti bermain di kandang sendiri,” ujar Debby dalam wawancara kepada stasiun televisi asing di tepi lapangan selepas pertandingan.

Dalam situs tournamentsoftware tercatat, Praveen/Debby berhasil mengalahkan Nielsen/Pedersen dalam pertandingan yang berlangsung selama 43 menit. Pasangan Indonesia itu tampak menguasai game pertama karena sejak awal terus memimpin perolehan skor 2-1, 4-1, hingga jeda game pertama 11-4.

Setelah jeda game pertama, Praveen/Debby terus membuat jarak dari Nielsen/Pedersen 13-4, 17-7, hingga game pertama berakhir kedudukan 21-12.

Pasangan ganda campuran Indonesia yang menempati peringkat delapan dunia itu sempat kesulitan ketika membuka game pertama, meskipun beberapa kali Praveen menyerang dengan smes keras. Nielsen/Pedersen berkali-kali mencoba membalikkan keadaan, tapi smes Praveen justru membuat Nielsen pontang-panting di sisi belakang lapangan.

Praveen/Debby sempat terlihat mengendur permainannya setelah jeda game kedua dan keunggulan 14-11 untuk kubu Indonesia bisa terkejar Denmark 14-14. Pada kedudukan 16-16 game kedua, Praveen/Debby mampu memanfaatkan celah kelemahan lawan sehingga pasangan Denmark yang menempati peringkat enam dunia itu kesulitan mengembalikan bola.

Dengan kemenangan ini, Praveen/Debby berhak atas juara turnamen tingkat superseries premier itu, meskipun permainan sempat tegang saat game point 20-16. “Kami tidak memikirkan juara saat masuk lapangan sebelum bertanding. Kami hanya mikir pertandingan final seperti pertandingan putaran pertama agar kami tetap menikmati permainan,” ujar Debby kepada stasiun televisi lokal.

Dalam akun Twitter resminya, Presiden Joko Widodo mengapresiasi kemenangan Praveen/Debby dalam turnamen berhadiah total US$ 550 ribu itu.  “Praveen/Debby, luar biasa. Selamat Juara All England! Saya dan seluruh rakyat Indonesia sangat bangga,” tulis Presiden Joko di akun Twitter-nya. [PUR]