pilkada serentak
Ilustrasi pilkada serentak 2018 [Foto: Istimewa]

Koran Sulindo – Partai Demokrat mengusung Munafri Arifuddin dan Abdul Rahman Bando sebagai calon wali kota dan wakil wali kota dalam Pilkada Kota Makassar. Munafri yang merupakan manajer tim sepak bola PSM di Pilkada sebelumnya berhadapan dengan kotak kosong yang didukung Partai Demokrat.

Kala itu, kotak kosong yang didukung Partai Demokrat mampu mengalahkan Munafri yang mendapat dukungan dari koalisi partai besar. Dalam Pilkada Kota Makassar Partai Demokrat memiliki tradisi menang sehingga bisa dibilang ini menjadi salah satu alasan Munafri untuk mendapat dukungan dari Partai Demokrat.

Munafri sebenarnya merupakan kader Partai Demokrat dan pernah menjadi pengurus DPD Partai Demokrat Provinsi Sulawesi Selatan. Dalam Pilkada sebelumnya, Munafri maju dengan menggalang koalisi besar tanpa Demokrat.

Dalam Pilkada kali ini Munafri Arifuddin yang juga keponakan Jusuf Kalla itu berpasangan dengan Abdul Rahman Bando adik dari Kepala Badan Perpustakaan Nasional yang berlatar belakang birokrat. Pasangan ini diusung koalisi Partai Demokrat dan PPP. Meski koalisi yang mengusung pasangan ini ramping, Partai Demokrat optimistis memenangi Pilkada Kota Makassar. [KRG]