Megawati Minta Kader Tunggu Keputusan Resmi KPU

Megawati Minta Kader Tunggu Keputusan Resmi KPU

Ilustrasi: Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menerima kunjungan calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin di kediamannya, Jl. Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat/CHA

Koran Sulindo – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berpesan kepada kader partainya agar mematuhi sebelum keluar keputusan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), maupun semua yang terlibat pada Pemilu 2019.

Penegasan itu disampaikan Megawati menanggapi pertanyaan wartawan soal peluang kader partainya menduduki kursi Ketua DPR RI maupun mendapat jabatan di pemerintahan setelah Pemilu 2019.

“Jangan berandai-andai sebelum keluar keputusan resmi,” kata Megawati kepada wartawan usai bertemu KH Ma’ruf Amin di kediamannya, Jl. Teuku Umar, Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Megawati mengakui, siapapun yang ingin berandai-andai, termasuk soal jabatan, untuk dilakukan nanti pasca pengumuman resmi.

“Halah, tinggal berapa hari ini (sebelum pengumuman resmi KPU). Ini sudah tanggal 9. Tinggal beberapa hari lagi (ke 22 Mei). Ya tak lama lah,” kata Megawati.

Presiden RI Kelima itu mengimbau kepada para kader partainya untuk tidak terlalu berpikir jauh. Lebih baik menunggu KPU sebagai “wasit” menyampaikan pernyataan resmi soal hasil pemilu. Kalau ada ketidakpuasan atas hasilnya, ada saluran hukum yang bisa ditempuh.

“Kalau di PDI Perjuangan, saya bilang jika tidak puas dan sebagainya, di AD/ART kami ada mekanismenya,” kata Megawati.

Soliditas dan Kerja Keras

Selain itu, Megawati juga mengatakan bahwa pihaknya belum bisa berkata-kata banyak soal potensi untuk menjadi pemenang pemilu legislatif 2019, memecahkan rekor pemenang dua pemilu berturut-turut sejak 1999.

Namun, Megawati memastikan kemenangan yang ada di depan mata itu takkan tercapai bila tanpa kerja keras dan soliditas semua kader PDI Perjuangan.

“Yang namanya PDI Perjuangan, saya meyakini, bahwa dengan usaha kita bersama, artinya kita ini PDI Perjuangan, selalu solid, kompak, bekerja terus, pasti apa yang kita harapkan pasti tercapai,” kata Megawati.

Megawati mengingatkan bahwa kalah dan menang adalah hal biasa. Sehingga tak perlu dipersoalkan hingga seakan hidup mati jika mengalami kekalahan.

“Toh, kita ini punya jalur hukum. Sehingga, seharusnya, jangan diantara kita berupaya melakukan hal-hal yang inkonstitusional,” kata Megawati.

“Oleh sebab itu, seperti sekarang anak-anak saya, saya suruh menunggu. Karena nanti keputusan itu tanggal 22 Mei secara resmi,” imbuh Megawati.

Megawati juga mengaku sudah memberitahu kepada kader PDI P, jika ada yang tak puas dengan hasil pemilu legislatif, diselesaikan secara demokratis.

“Saya bilang kalau mau, tidak puas dan sebagainya di AD/ART kami ada aturannya. Sehingga semua yang kita inginkan, yang saya inginkan dan saya berikan pembelajaran, kita harus tahu yang namanya tata caranya,” kata Megawati.

Untuk diketahui, berdasarkan sistem perhitungan (Situng) internalnya, DPP PDIP sudah mengumumkan kemungkinan menjadi pemenang pemilu legislatif 2019. Raihannya kemungkinan besar mendapatkan 133 kursi DPR. [CHA/DAS]