Ma’ruf Amien, Cawapres Koalisi Pendukung Jokowi

Ma’ruf Amien, Cawapres Koalisi Pendukung Jokowi

53
Rais 'Aam PBNU KH Ma'ruf Amin diputuskan sebagai cawapres bagi Joko Widodo dalam pertemuan koalisi partai politik pendukung berlangsung di Jakarta, Kamis malam, 09/08/2018/ANTARA News/Hanni Sofia

Koran Sulindo – Koalisi partai politik pendukung Joko Widodo (Jokowi) mengusung KH Maruf Amien menjadi calon wakil presiden (Cawapres) .

Presiden Joko Widodo mengumumkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut sebagai pendampingnya dalam pemilihan presiden tahun depan itu di Restoran Plataran, Menteng, Jakarta Pusat, hari ini.

“Kami saling melengkapi, pasangan nasionalis dan religius,” kata Jokowi, dalam konferensi pers, Kamis (9/8/2018).

Hadir dalam kesempatan itu seluruh ketua umum dan sekjen partai-partai pendukung Jokowi.

Pengumuman itu sedikit mengejutkan karena hampir semua media massa dan media sosial menduga nama yang akan dipilih Jokowi dan partai pendukung adalah Mahfud MD, mantan menteri pertahanan di bawah Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhammad Romahurmuziy, mengatakan nama Ma’ruf sudah bulat sejak Desember 2017 lalu.

“Bisa dicek jejak digital saya, Ketua Umum PPP tak pernah bohong,” kata Romahurmuziy.

Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin akan dideklarasikan di Gedung Joeang 45 Menteng Jakarta pada Jumat (10/8/2018) besok dan langsung mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum. Setelah itu rombongan akan melaksanakan Salat Jumat di Masjid Sunda Kelapa yang terletak tak jauh dari gedung KPU. [DAS]