Kembangkan UMKM di Batu, Akurindo Bangun Sinergi dengan Pemkot

Kembangkan UMKM di Batu, Akurindo Bangun Sinergi dengan Pemkot

Koran Sulindo – Selain kaya potensi ekonomi berbasis usaha mikro kecil dan menengah seperti produk makanan olahan dan pertanian, Kota Batu juga memiliki industri pariwisata yang gaungnya dikenal hingga manca negara.

Potensi-potensi ekonomi itu menjadi fokus sasaran Asosiasi Kelompok Usaha Rakyat Indonesia (Akurindo) untuk menggalakkan ekonomi kerakyatan.

Salah satunya yakni dengan memberdayakan pelaku UMKM supaya lebih sejahtera dan tercedaskan dalam aspek bisnis dan usahanya.

Tekad itulah yang disampaikan Ketua Dewan Pengurus Cabang Akrindo Kota Batu, Didik Mujitris Diono saat meresmikan Kantor DPC AKURINDO di Jl. Sultan Agung No. 18, Kota Batu, Minggu, (19/5).

Selain menjanjikan bakal amanah mengemban kepengurusan di asosiasi, Didik menjanjikan bakal membangun sinergi dengan Pemerintah Kota Batu dan pemangku kepentingan lainnya seperti universitas dan lembaga  yang memiliki progam pembinaan UMKM.

Sinergi itu, kata Didik, diharapkan bisa memberikan pembinaan secara maksimal kepada pelaku UMKM di Kota Batu.

Sementara itu Sekretaris DPC Kota Batu Yuyud Erawanto mengajak pengurus tak bosan-bosannya belajar untuk mengenai seluk beluk UMKM. Ia meminta mereka lebih sering menghadiri pasar-pasar murah yang saat ini di adakan Pemerintah Kota Batu agar bisa lebih mengenal karakter UMKM Di Kota Batu.

“Belajar itu wajib, kunci keberhasilan Asosiasi kita ujung tombak nya adalah Ketua – Ketua Biro, merekalah andalan saya untuk melakukan pembinaan-pembinaan. Kan tugas mereka yang  punya wewenang kalau saya kan cuma  mengatur administrasi organisasi,” kata dia.[Yan/Ed]