Akurindo Gagas Cara Baru Pemberdayaan UMKM di Kota Batu

 Akurindo Gagas Cara Baru Pemberdayaan UMKM di Kota Batu

Koran Sulindo – Model pemberdayaan pelaku usaha mikro kecil dan menengah dengan cuma mengandalkan pelatihan dan pembinaan harus segera ditinggalkan. Acap terjadi usai pelatihan atau pembinaan pelaku UMKM justru mengalami kebingungan untuk mengembangkan usahanya.

Atas dasar itulah Asosiasi Kelompok Usaha Rakyat Indonesia (Akurindo) menawarkan pendekatan baru memberdayakan dan memajukan UMKM seperti yang dilakukan dewan pengurus cabang Akurindo Kota Batu.

Mematok target mensejahterakan dan menaikkan kelas UMKM, selain menggelar pelatihan dan pembinaan,  DPC Akurindo Batu terjun langsung ke masyarakat membantu manajemen, perijinan, akses permodalan hingga pemasaran agar tak putus di tengah jalan.

“Banyak program kami di Akurindo yang ditujukan untuk membantu anggota. Salah satunya adalah pengadaan pupuk dengan sistem bayar 50 persen dan pelunasan setelah panen,” kata Ketua DPC Akurindo Batu, Didik Mujitris Diono di Kota Batu belum lama ini.

Didik menyebut program unggulan yang dirancang meringankan beban UMKM yang bergerak di sektor pertanian itu bisa terealisasi setelah Akurindo menjalin kerjasama dengan pabrik pupuk.

“Itu baru salah satu program saja, banyak progam-program Akurindo lain yang memang ditujukan untuk membantu UMKM,” kata Didik.

Dalam kesempatan tersebut Didik juga menyampaikan rencana peresmian kantor DPC Akurindo Kota Batu di Rumah Makan Joglo yang akan berlokasi di Jalan Sultan Agung 18, Batu, Malang.

Fasilitas kantor yang kebetulan dimiliki oleh sekretaris DPC Akurindo Kota Batu itu nantinya bakal digunakan untuk sosialisasi, pelatihan dan sekaligus pusat aktivitas UMKM di Kota Batu.

Didik juga menambahkan rencana peresmian kantor itu sudah mendapat lampu hijau dari pengurus DPW Akurindo Jawa Timur.

“Kami juga mohon kepada warga kota Batu khususnya  pemerintah setempat mendukung kami untuk mengabdi  dan melayani UMKM di Batu melalui Akurindo,” kata Didik.

Dihubungi di tempat terpisah, Ketua Divisi SDM DPW Akurindo Jawa Timur Yhany Purnamasari menyebut pengajuan kantor DPC Akurindo Kota Batu sudah disetujui DPW.

Ia bahkan menyebut tanggal peresmian kantor sudah ditetapkan tanggal 19 Mei 2019 sembari acara berbuka puasa. “Saya mengapresiasi kinerja Ketua DPC Akurindo Kota Batu dan jajarannya atas semangat nya yang luar biasa,” kata Yhani.

Lebih lanjut ia menambahkan selain mendapat pembinaan manajemen, manfaat lain yang didapat dengan menjadi anggota Akurindo yakni pelaku UMKM akan mendapat dukungan pemasaran online maupupun  offline.

Anggota juga mendapat kesempatan mengikutin pameran skala nasional maupun internasional serta mendapat bantuan akses permodalan sekaligus bantuan mengurus perijinan.[YH]