Kadiv Humas Polri Raih Penghargaan HPN 2019

Kadiv Humas Polri Raih Penghargaan HPN 2019

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Mumammad Iqbal

Koran Sulindo – Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Mohammad Iqbal mendapatkan penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur.

Iqbal dinilai layak diberikan penghargaan bidang keterbukaan informasi sekaligus dianggap sebagai motor keterbukaan informasi di Korps Bhayangkara.

Penghargaan kepada mantan Wakapolda Jawa Timur itu diberikan saat resepsi puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) sekaligus HUT ke-73 PWI tingkat Jatim di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu malam, (27/3).

Dalam sambutannya Iqbal mengatakan sepanjang karirnya, ia merasa sangat dibantu dengan hadirnya media di sekelilingnya.

“Dan kami sadar, media ini sangat berpengaruh pada persepsi publik,” kata Iqbal saat memberikan sambutannya di Gedung Negera Grahadi Surabaya.

Dari media, Muhammad Iqbal mengatakan, kepolisian bisa menyampaikan konten positif pencapaian Polri dan memberikan imbauan kepada masyarakat melalui media dalam situasi dan kondisi tertentu.

Iqbal juga menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan PWI Jatim dan dengan penghargaan ia berjanji akan semakin profesional dalam menjalankan amanahnya sebagai juru bicara di Polri.

“Penghargaan ini akan menjadi motivasi kami dan instansi kami untuk terus meningkatkan pelayanan, profesionalisme dan humanisme dalam memberikan pelayanan publik. Khususnya di bidang indormasi sesuai dengan tugas kami,” kata Iqbal menuturkan.

Dalam kesempatan itu tak lupa Iqbal  meminta kerjasama dengan media khususnya di tahun-tahun menjelang pesta demokrasi Pemilu serentak tahun 2019.

“Satu hal yang perlu saya katakan bahwa saat ini lah teman-teman media harus menunjukkan jiwa jurnalismenya, untuk menyampaikan berita kesejukkan di tengah masyarakat, cooling system di tengah masyarakat. Membantu kepolisian, membantu TNI untuk menyampaikan pesan sejuk di tengah pesta demokrasi,” kata Iqbal.

Iqbal yang pernah menjadi Kapolrs Gresik, Sidoarjo, Kapolrestabes Surabaya dan Wakapolda Jatim menceritakan, dua kali ia memperoleh kenaikan pangkat di perwira tinggi polri juga dari bidang Humas yang bersinggungan langsung dengan media.

“Jadi dua kali bintang saya di Humas, yang pertama saat melepas jabatan saya sebagai Kapolrestabes Surabaya saya menjadi Karo Penmas di Divisi Humas. Tiga bulan yang lalu saya mendapat amanah Kadiv Humas Mabes Polri,” kata Iqbal.

Selain Iqbal yang menerima penghargaan untuk bidang keterbukaan informasi, tokoh lainnya yang menerima penghargaan adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk bidang pemberdayaan perempuan.

Selain kedua tokoh itu, tokoh-tokoh lain yang meraih penghargaan adalah Imawan Masykuri sebagai Tokoh Pers 2019, Rektor Unair M Nasih untuk penguatan akademik, Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo untuk pengamanan daerah dan Bupati Lamongan HM Fadeli untuk pemerintahan daerah.

“Setelah kami rapat tim ada beberapa nomonasi untuk penghargaan para tokoh atau instansi sesuai kompetensi bidang masing masing,” kata Ketua Panitia HPN PWI Jatim Lutfi Hakim.[TGU/YMA]