Hoaks, Penutupan Jalan Dari dan Menuju Jakarta

Ilustrasi: Suasana lalu lints di lampu merah Grogol, Jakarta Barat/akun Twitter NTMC Polri, @ntmcpolri

Koran Sulindo – Polda Metro Jaya menyatakan tidak ada penutupan jalan baik dari dan menuju Jakarta, baik yang melalui tol maupun jalur arteri di seluruh wilayah DKI Jakarta, hari ini.

“Kami tegaskan bahwa “Tidak Ada Penutupan Jalan”. Yang ada Polda Metro Jaya beserta jajaran akan melakukan latihan simulasi pengamanan dalam menghadapi penyebaran Covid-19. Masyarakat tidak perlu khawatir dan cemas. Informasi yang beredar tersebut adalah HOAX,” tulis akun resmi Twitter Divisi Humas Polri, Senin (30/3/2020).

Beberapa hari ini, terutama di media sosial, beredar isu pemberlakuan “lockdown” di wilayah DKI Jakarta mulai hari ini.

“Sekarang situasi Jakarta masih ‘social distancing’, ‘physical distancing’, tidak ada karantina wilayah atau ‘lockdown’. Tapi kita harus tetap latihan. Apapun yang terjadi kita sudah latihan,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, di Jakarta, Minggu (29/3/2020).

Menurut Yusri, Polda Metro Jaya baru menyusun skema simulasi pembatasan akses dari dan menuju Jakarta sebagai antisipasi untuk menghalau penyebaran virus corona atau COVID-19.

Polda Metro Jaya menyatakan akan bertindak untuk menegakkan keputusan yang diambil oleh pemerintah, oleh karena itu jajarannya akan menggelar latihan untuk bersiap terhadap apapun keputusan pemerintah.

Sementara itu lalu lintas ibu kota pagi ini terpantau lancar di sejumlah wilayah. Salah satunya dari lingkar Semanggi lalulintas terpantau lancar.

“Arus lalulintas arah Blok M maupun ke istana lancar, begitu juga arah ke timur arah Pancoran maupun sebaliknya lancar. Kalau tidak ada keperluan penting tidak usah keluar. Semangat, semangat, sehat.” kata anggota Ditlantas Polda Metro Jaya, Iptu Eko, dengan logat Jawanya.

Situasi arus lalu lintas di Jalan Satrio Jaksel relatif lancar, juga di Jalan Letjen M.T Haryono/Depan Korlantas Polri.

Arus lalu lintas di Traffic Light Tomang Jakbar juga relatif lancar, demikian pula di Interchange Cawang/Pos Cawang dan Traffic Light PGC Jakarta Timur, serta Traffic Light Cakung/Jalan Raya Bekasi. [RED]