Hasto Kristiyanto foto bersama pengurus senapati nusantara usai terpilih secara aklamasi menjadi sekretaris jendral/cha

Koran Sulindo – Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto terpilih secara aklamasi sebagai Sekretaris Jenderal Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara) masa bakti 2017-2021 saat Musyawarah Agung Senapati Nusantara di Bantul, Yogyakarta, Minggu (26/2).

Seusai terpilih, Hasto selaku ketua formatur menyusun kepengurusan Senapati Nusantara. Terpilih sebagai Ketua Dewan Pembina Idham Samawi yang juga politikus senior PDI Perjuangan.

Hasto mengapresiasi kala dirinya didapuk menjadi sekretaris jenderal di Senapati Nusantara, Karena ini paguyuban maka diharapkan setiap organisasi berkembang dengan keunikan masing-masing.

“Guna mewujudkan salah satu ajaran Trisakti Bung Karno yakni mewujudkan berkepribadian dalam kebudayaan maka kita diharapkan memahami kebudayaan kita,” ujar Hasto dalam pidatonya usai terpilih menjadi sekjen dalam keterangan¬† tertulisnya.

“Keris dengan segala unsur filosofi didalamnya telah diakui oleh UNESCO sebagai karya agung warisan budaya dunia,” imbuhnya.

Hasto menuturkan, akan melakukan konsolidasi organisasi termasuk kerjasama dengan pemerintah. “Kami mendorong kerjasama strategis dengan pemerintah dan pemerhati tosan aji sehingga hasil proses kebudayaan ini bisa dilestarikan dan dipamerkan bersifat nasional,” terangnya.

Dikatakan, Senapati Nusantara akan membuka ruang bagi generasi muda sehingga kalangan muda tertarik dengan tosan aji. Usai pelantikan pengurus Senapati Nusantara, Hasto dan pengurus mengunjungi pameran keris dan melihat proses pembuatan keris di arena. (CHA)