Gubernur Aceh Irwandi Yusuf Terjaring OTT KPK

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf Terjaring OTT KPK

37
Irwandi Yusuf. Foto: Zulkarnaini/Rakyat Aceh

Koran Sulindo – Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah Ahmadi terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Tim Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Sejumlah uang ratusan juta rupiah diamankan. Diduga merupakan bagian dari realisasi commitment fee sebelumnya,” ungkap Ketua KPK Agus Rahardjo, Selasa malam (3/7). Kini, kedua pejabat itu berada di Markas Polda Aceh untuk menjalani pemeriksaan awal.

Dalam penangkapan itu, Tim KPK menyita uang ratusan juta rupiah yang ada bersama kedua pejabat itu. Tapi, Agus tak menerangkan, uang ratusan juta rupiah tersebut terkait proyek apa.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah sebelumnya memang mengungkapkan adanya dua orang kepala daerah di Aceh yang terkena OTT. Selain Irwandi dan Ahmadi, ada delapan orang lagi yang ikut terjaring.

Dijelaskan Febri, penangkapan terhadap dua kepala daerah tersebut karena diduga telah terjadi transaksi yang diduga akan merugikan negara, dengan memanfaatkan jabatan mereka. “Diduga sebelumnya telah terjadi transaksi yang melibatkan penyelenggara negara di tingkat provinsi dan salah satu kabupaten di Aceh,” kata Febri.

Seperti diketahui, Irwandi Yusuf adalah Gubernur Aceh yang dilantik bersama Wakil Gubernur Nova Iriansyah pada 5 Juli 2017. Sebelumnya, Irwandi pernah menjabat Gubernur Aceh untuk periode 2007-2012 dan Nova Iriansyah adalah anggota DPR RI periode 2009-2014. Pasangan ini diusung oleh Partai Demokrat, Partai Nasional Aceh (PNA), dan sejumlah partai lainnya.

Akan halnya Bupati Bener Meriah Ahmadi merupakan kader Partai Golkar. Dalam pemilihan kepala daerah tahun 2017 lalu, ia berpasangan dengan Syarkawi dan menang. Ia dan wakilnya dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bener Meriah pada 14 Juni 2017.

Untuk penetapan status orang-orang yang terjaring OTT, pihak KPK punya 1 x 24 jam. [RAF]