Dua Jenderal Bintang Tiga Mabes Polri Pensiun, Ini Gantinya

Dua Jenderal Bintang Tiga Mabes Polri Pensiun, Ini Gantinya

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo

Koran Sulindo – Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam), Komjen Unggung Cahyono dan Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, Putut Eko Bayuseno akan memasuki masa pensiun.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian melakukan mutasi pada keduanya dan rotasi sejumlah perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen), Jumat (26/4).

Melalui Surat Telegram (ST) Kapolri Nomor: ST/1202/IV/KEP/2019, pengganti Unggung adalah Irjen Agung Budi Maryoto yang sebelumnya adalah Kapolda Jawa Barat.

Sementara posisi jabatan Irwasum akan diisi oleh Komjen Moechgiyarto yang sebelumnya menjabat Kabaharkam.

Tongkat komando Kapolda Jabar akan dipegang oleh Irjen Rudy Suhfariadi yang sebelumnya merupakan Asisten Operasi (Asops) Kapolri.

Sedangkan yang mendapat promosi bintang tiga menjabat sebagai Kabaharkam adalah Irjen Condro Kirono yakni Kapolda Jawa Tengah.

Pengganti Irjen Condro sebagai Kapolda Jateng adalah Irjen Rycko Amelza Dahniel. Jenderal bintang dua itu sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Akademi Kepolisian (Akpol). Posisinya akan digantikan oleh Irjen Achmat Juri yang meninggalkan jabatan sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pengganti Achmat Juri adalah Brigjen Nana Sujana. Jenderal bintang satu itu sebelumnya menjabat sebagai Direktur Politik Baintelkam.

Sementara posisi Asops akan ditempati oleh Irjen Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Papua. Pengganti Martuani adalah Brigjen Rudolf Alberth Rodja yang merupakan Kapolda Papua Barat.

Tongkat komando Kapolda Papua akan diberikan kepada Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim, Brigjen Herry Rudolf Nahak.

“Ya, menggantikan yang purna tugas Pak Irwasum dan Pak Kabaintelkam serta selain itu promosi serta tour of area dan tour of duty dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas), Brigjen Dedi Prasetyo.(YMA/TGU)