BIN: Pandemi COVID-19 Masuki Fase Ringan Juli Nanti

Ilustrasi: Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan/ANTARA FOTO-Hafidz Mubarak

Koran Sulindo – Badan Intelijen Negara (BIN) menyatakan jika semua pihak bersatu memerangi COVID-19, maka pada Juli nanti pandemi COVID-19 akan memasuki fase ringan.

“Kami yakin jika dilakukan bersama, insya Allah Juli sudah masuk pada fase yang ringan. Kami semua mohon doanya. Kami yakin penanganan bersama-sama ini membuat wabah COVID-19 ini bisa teratasi dengan baik,” kata Kepala BIN, Jenderal (Purn) Budi Gunawan, di Jakarta, Rabu (22/4/2020), melalui rilis media.

Kepala BIN optimistis banyaknya relawan yang turun tangan akan mempercepat penanganan pandemi tersebut.

“Gerakan gotong royong dan bahu-membahu akan membuat penanganan wabah ini semakin cepat teratasi. Kita lihat mereka sudah ada di seluruh nusantara dan berada di wilayah zona merah penyebaran wabah COVID-19,” katanya.

Budi menyampaikan hal tersebut dalam acara deklarasi semangat gotong royong dan mendukung Pemerintah menyelamatkan bangsa melawan COVID-19. Acara di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta itu juga dihadiri Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 pimpinan Sandiaga Uno.

“Berbagai wujud konkret telah dijalankan seperti tes massal hingga 5 ribu alat tes, jaring pengaman sosial, masker, dan penyemprotan disinfektan. Pada akhir bulan April akan ada laboratorium mobil yang merupakan kekuatan dari Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19,” kata Budi.

Menurut Budi, Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 telah melakukan langkah konkret dalam upaya memutus mata rantai penyebaran wabah.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih dan selamat kepada Pak Sandiaga dan seluruh rekan-rekan Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 atas deklarasinya. Sekali lagi, selamat dan terima kasih telah bergabung ke pemerintah,” kata Budi.

Rapid test secara gratis akan diselenggarakan Kamis (25/4/2020) besok mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta. [RED]