Koran Sulindo – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyempatkan diri berkunjung ke Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) dalam agendanya ke Malaysia mewakili Pemerintah Indonesia dalam penyelenggaraan SEA Games XXIX.

Turut mendampingi Puan, Dubes Indonesia untuk Malaysia Rusdi Kirana dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan di KBRI Malaysia Ari Purbayanto. Dalam kesempatan itu, Puan meresmikan Auditorium Taufiq Kiemas di SIKL, yang didirikan pada tahun 2003 atas bantuan utama dari ayahnya, H.M Taufiq Kiemas (almarhum). “Saya pahami auditorium ini dimanfaatkan sebagai tempat melaksanakan kegiatan tidak saja oleh siswa-siswa Sekolah Indonesia tetapi juga oleh masyarakat Indonesia,” kata Menko Puan, Senin (21/8).

Setiap ada kunjungan bidang pendidikan atau sekolah, lanjut Puan, dirinya pasti akan mendatangi, mengingat masalah pendidikan harus selalu dikedepankan. “Dari sekolah, kita percaya, cita-cita atau mimpi anak-anak Indonesia dapat diwujudkan. Karena anak-anak sekolah inilah lahir generasi penerus, para pemimpin bangsa di masa depan,” ujar putri semata wayang pasangan Megawati Soekarnoputri dan Taufiq Kiemas itu.

Menko Puan juga membawa seperangkat alat musik kolintang yang berasal dari Sulawesi Utara untuk SIKL. Puan berharap alat musik tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk memperkenalkan dan melestarikan lagu-lagu daerah dan lagu nasional Indonesia, tapi juga juga dapat meningkatkan persahabatan budaya dan masyarakat Indonesia-Malaysia. “Saya meminta alat musik ini dapat dijaga dengan baik,” tuturnya.

Selain kolintang, Menko PMK secara pribadi menyumbang penyejuk udara untuk Aula Taufiq Kiemas. Para siswa SIKL ¬†juga diundang ke acara pembukaan Asian Games 2018 nanti oleh Menko Puan. “Gelora Bung Karno sekarang sedang direnovasi besar-besaran untuk Asian Games 2018. Nantinya bisa dilihat kalau sudah jadi, sangat indah, lengkap dengan arena terbuka hijau, venue olahraga yang lengkap. Saya undang kalian untuk melihat Gelora Bung Karno di Jakarta pada pembukaan Asian Games nanti,” katanya.

Puan menambahkan, masyarakat Indonesia diharapkan membantu mempromosikan Indonesia  sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Ia juga meminta doa dari seluruh bangsa Indonesia agar perhelatan tersebut berjalan lancar. [CHA]