Suluh Indonesia – Pahlawan Nasional Ruhana Kuddus tercatat sebagai tokoh pers perempuan pertama Indonesia. Ia berjasa dalam usaha kemajuan perempuan Indonesia, khususnya di Sumatera Barat.
Bayangkan masa-masa awal tahun 1990-an. Buta aksara masih terjadi di mana-mana. Tak banyak orang bisa membaca, apalagi sanggup menuliskan pikirannya di atas kertas.
Di antara orang yang sedikit itu, tampillah Ruhana Kuddus. Dia tercatat sebagai tokoh pers perempuan pertama Indonesia. Ia dianggap berpengaruh dalam usaha kemajuan perempuan Indonesia, khususnya di Sumatera Barat.
Tak mudah jalan perjuangan yang ditempuh Ruhana. Dia harus berjuang melawan pakem zamannya kala itu, yakni dominasi laki-laki dalam dunia profesi jurnalistik dan pendidikan modern.
Namun, dia sangat dibantu bakatnya yang suka merajut kata-kata. Dan bakatnya ini jauh sekali dari kiprah sang ayah, Mohamad Rasjad, yang merupakan seorang jaksa.
Ruhana diuntungkan oleh kondisi Hindia Belanda saat itu, yang telah cukup kokoh berdiri sebagai sebuah kesatuan unit politik dan memungkinkan terjadinya pertukaran gagasan lintas budaya.
Tren penerbitan koran yang ditujukan untuk orang-orang pribumi sebagaimana yang ramai terjadi di Jawa juga mulai merambah Sumatera. Momen ini dimanfaatkan betul oleh Ruhana.
Penerbitan koran ketika itu seolah membangkitkan satu generasi muda agar tercerahkan, yang kemudian menjadi bibit-bibit pergerakan Indonesia. Dan Ruhana termasuk salah satunya.
Dia memanfaatkan momentum untuk terjun sepenuhnya ke dalam dunia jurnalistik, meski diakui ini sangat bertolak-belakang dengan kenyataan masih amat jarang kalangan perempuan terpelajar.
Sebagai seorang perempuan Minangkabau, Ruhana tampaknya terekspos budaya rantau. Meskipun ia tidak bepergian jauh, namun pikirannya sudah melanglang buana.
Tokoh perempuan yang satu ini, ketika itu, amat tertarik menyerap dan mengekspresikan gagasan dari dan kepada orang lain, khususnya dalam upayanya memajukan kaum perempuan.
Semangatnya memajukan perempuan di tanah jajahan kadang disejajarkan dengan Kartini, tokoh emansipasi perempuan Jawa yang surat-suratnya dipublikasikan di Belanda.
Namun Ruhana berbeda. Ia tak hanya menulis surat. Ia menerbitkan koran, Soenting Melajoe, sebagai corong yang lebih independen dan partisipatif terhadap opini-opini perempuan pribumi lain.
Ini sungguh berbeda dari Kartini yang lebih banyak hanya berinteraksi dengan kawan-kawan Eropanya. Jangkauan pemikiran Ruhana langsung menyentuh kaum perempuan yang dibelanya.
Persentuhan pertama Ruhana dengan dunia jurnalistik agaknya terjadi kala ia menjadi kontributor untuk Poetri Hindia, koran perempuan yang diterbitkan Tirto Adhi Soerjo di Batavia.
Ketika koran Poetri Hindia diberedel pemerintah kolonial, Ruhana memutuskan untuk menjalankan penerbitannya sendiri. Untuk itu, ia menemui Datuk Sutan Maharaja, pemimpin redaksi Oetoesan Melajoe, yang juga tokoh perintis pers Melayu.
Bersama anak Sutan Maharaja, Zubaidah Ratna Juita, Ruhana dipercaya untuk mengelola Soenting Melajoe sebagai terbitan yang lahir, dikelola, dan dipersembahkan untuk pembaca perempuan.
Kelahiran Soenting Melajoe pada 1912 menandakan babak baru pergerakan dan akselerasi kemajuan perempuan Indonesia. Bahkan ia juga menandakan titik awal penerbitan koran bagi kalangan perempuan.
Terbit seminggu sekali, Soenting Melajoe memuat tulisan mengenai isu-isu kemajuan perempuan, biografi perempuan berpengaruh, dan berita-berita dari luar negeri.
Sirkulasinya hampir mencapai seluruh Sumatera dan Jawa. Soenting Melajoe yang terbit selama sembilan tahun hingga 1921 juga berhasil menarik simpati kaum laki-laki terhadap gerakan perempuan.
Seperti halnya Poetri Hindia di Jawa, para koresponden dan kontributor Soenting Melajoe kebanyakan terdiri dari istri-istri pejabat pemerintahan atau aristokrat.
Bedanya, Soenting Melajoe juga menerima tulisan dari siswi-siswi sekolah di sekitar Sumatera Barat seperti Payakumbuh dan Pariaman.
Mereka kerap mengkritik budaya patriarki yang saat itu begitu kental di Sumatera Barat. Misalnya, budaya nikah paksa di bawah umur, poligami, dan pengekangan perempuan terhadap akses-akses ekonomi.
Salah satunya tulisan Marni. Di Soenting Melajoe edisi 3 April 1913, ia menulis bagaimana saudara laki-lakinya melarangnya bekerja sebagai juru tulis di Padang. Padahal ia sudah diterima bekerja. Kemudian ia meminta dukungan kepada pembaca untuk bersimpati padanya.
Di bawah asuhan Ruhana, Soenting Melajoe menjadi semacam corong pengetahuan dan emosional kaum perempuan yang selama ini begitu kesulitan menyampaikan pendapatnya akibat terkungkung dominasi laki-laki, baik di ranah privat maupun publik.
Ruhana sendiri memang terpikat dengan kemajuan perempuan-perempuan Eropa. Menurut sejarawan Rudolf Mrazek, di Soenting Melajoe, Ruhana pernah menulis daftar sepuluh perempuan paling cantik dalam sejarah.
Ruhana tidak hanya melihat perempuan sekadar dari kecantikan, tapi juga peran besarnya di zamannya masing-masing. Di antaranya Cleopatra dari Mesir, Elizabeth dari Inggris, Madame de Pompadour, dan lain-lain.
Ini menunjukkan, Ruhana menganggap sejarah perempuan pantas dipandang setara dan mampu menjalankan peran yang tak kalah dari laki-laki.
Selepas meninggalkan Soenting Melajoe, pengaruhnya masih begitu terasa dalam dunia pers.
Ketika pindah ke Medan pada 1920, Ruhana mengelola koran Perempuan Bergerak bersama jurnalis setempat, Pardede Harahap. Sekembalinya ke Padang ia mengelola Radio dan Cahaya Sumatra.
Sepak terjang Ruhana memberi jalan kepada generasi-generasi jurnalis perempuan selanjutnya, seperti SK Trimurti, Herawati Diah, Toety Azis, Gadis Rasyid, dan lain-lain.
Dalam beberapa kesempatan, dia juga dinobatkan sebagai jurnalis perempuan atau wartawati pertama Indonesia. Titel demikian memang layak disematkan padanya.
Presiden Jokowi menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Ruhana Kuddus (Rohana Kudus), melalui Keputusan Presiden Nomor 120/TK Tahun 2019 tertanggal 7 November 2019.
Dia menerima gelar itu bersama lima tokoh lainnya yang berjasa kepada bangsa dan negara. Mereka adalah Abdul Kahar Mudzakkir, Alexander Andries (AA) Maramis, K.H. Masykur, Prof. Dr. M. Sardjito, dan Sultan Himayatuddin. [WIS]
Baca juga
- Wartawan Alimin, Tokoh Nasional yang Terlupakan
- Mas Marco: dari Juru Tulis hingga Jadi Wartawan Radikal