Resmi, Joko Widodo-Ma’ruf Amin Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024

Resmi, Joko Widodo-Ma’ruf Amin Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024

Ilustrasi/setneg.go.id

Koran Sulindo – Majelis Permusyawarakatan Rakyat (MPR) secara resmi mengambil sumpah Joko Widodo-Ma’ruf Amin menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024, di gedung parlemen, Jakarta, hari ini.

“Kami mengucapkan selamat kepada Saudara Joko Widodo dan Ma’ruf Amin yang telah memperoleh kepercayaan rakyat Indonesia dan mendapatkan amanah untukj memimpin Indonesia 5 tahun ke depan,” kata Ketua MPR, Bambang Susetyo, sewaktu upacara pelantikan di gedung parlemen Jakarta, seperti yang disiarkan secara langsung oleh berbagai stasiun televisi nasional.

Hadir dalam acara itu seluruh ketua umum partai politik serta Presiden-Wakil Presiden RI periode sebelumnya.

Besok Pagi Perkenalkan Para Menteri

Sebelumnya, Presiden Jokowi berencana memperkenalkan para menteri kabinet pemerintahannya periode 2019-2024, Senin (21/10/2019) besok. Sedangkan Wapres Ma’ruf Amin bertolak ke Jepang untuk menghadiri pelantikan Kaisar Jepang, Naruhito.

“Besok pagi saya kenalkan karena nanti sorenya Pak Kyai Ma’ruf Amin harus ke Jepang untuk menghadiri penobatan kaisar,” kata Presiden Jokowi menjawab wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, sebelum menuju ke Gedung MPR RI untuk menghadiri pelantikan dirinya sebagai Presiden RI Periode 2019-2024, Minggu (20/10/2019), seperti dikutip setkab.go.id.

Presiden tidak mengatakan secara pasti kapan pelantikan akan dilakukan. Menurut Presiden, menteri lama yang bertahan masih banyak, tetapi menteri baru lebih banyak. Perayaan pelantikan dirinya sebagai Presiden RI Periode 2019-2024 yang dilakukan sederhana.

“Yang paling penting, saya kira setelah pelantikan yang paling penting kita kerja bersama, kerja bersama-sama, membawa negara ini kepada sebuah Indonesia maju,” kata Jokowi.

Saat dalam perjalanan menuju Gedung MPR RI itu Jokowi menyempatkan diri dari kendaraan yang ditumpanginya untuk menemui sejumlah relawan yang merayakan pelantikannya di Taman Sudut Pandang, Monas, Jakarta. [Didit Sidarta]