Polda DIY dan Polda Banten Naik Tipe A

Polda DIY dan Polda Banten Naik Tipe A

Ilustrasi/sorotmedianusantara.com

Koran Sulindo – Polda Banten dan Polda Daerah Istimewa Yogyakarta dinaikkan statusnya dari Polda Tipe B ke Tipe A. Otomatis pemegang tongkat komando akan dipimpin jenderal bintang dua.

“Mutasi tersebut dalam rangka peningkatan tipologi Polda DIY dan Polda Banten dari Tipe B menjadi Tipe A yang akan dipimpin oleh Kapolda dengan Pangkat Bintang 2. Rencana pengukuhan dalam waktu yang tidak terlalu lama,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, Minggu (18/11/2018).

Untuk Polda Banten, Kapolri Jenderal Tito Karnavian memutasi Kapolda Banten, Brigjen Teddy Minahasa. Mantan ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla itu akan menempati jabatan baru sebagai Wakapolda Lampung. Sementara tongkat komando akan diambil alih oleh Brigjen Tomsi Tohir yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Wassidik Bareskrim.

Selain itu Kapolda DIY, Brigjen Ahmad Dofiri akan dikukuhkan kembali menjadi Kapolda DIY. Mutasi dan pengukuhan tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/ 2947 /XI/KEP./2018 tertanggal 17 November 2018. Nantinya Brigjen Tomsi Tohir dan Brigjen Ahmad Dofiri akan dinaikkan pangkatnya menjadi jenderal bintang 2 atau Inspektur Jenderal (Irjen).

Rencananya pengukuhan kedua Polda tersebut akan dilakukan pada awal Desember mendatang. [YMA]