Bom Meledak di Sibolga, Seminggu Sebelum Dikunjungi Jokowi

Bom Meledak di Sibolga, Seminggu Sebelum Dikunjungi Jokowi

Polisi berjaga di sekitar lokasi ledakan.

Koran Sulindo – Sebuah bom meledak di Sibolga, Sumatera Utara, Selasa, 12 Maret 2019 hanya kurang dari sepekan sebelum kunjungan Presiden Joko Widodo ke wilayah itu.

Bom tersebut meledak di rumah Husain alias Abu Hamzah seorang terduga teroris. Dalam kejadian tersebut, seorang petugas kepolisian menjadi korban luka-luka.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Mohammad Iqbal mengatakan, Densus 88 Antiteror melakukan penangkapan terhadap Husain pada pukul 14.23 WIB.

Selanjutnya dilakukan pengecekan awal di rumah pelaku tindak pidana terorisme itu, bom meledak yang melukai seorang petugas.

“Saat akan dilakukan pengecekan awal di rumah pelaku, sekitar pukul 14.50 WIB terjadi Bom meledak yang melukai petugas,” kata Iqbal.

Belum diketahui bagaimana bom tersebut bisa melukai petugas. Iqbal mengatakan, di dalam rumah juga ada istri dan anak pelaku masih berada di dalam rumah.

“Saat ini tim Densus 88 Antiteror dan Polres setempat dibantu oleh tokoh-tokoh masyarakat sedang melakukan upaya negoisiasi agar diduga istri dan anak pelaku menyerahkan diri,” ujar Iqbal.

Ledakan itu bermula ketika tim dari kepolisian menggerebek rumah Husain alias Abu Hamzah di Jalan Mojopahit, Gang Sekuntum, Pancuran Bambu, Sibolga Sambas, Sibolga.

Diduga di dalam rumah tersebut ada teroris beserta bom.

Beberapa keterangan menyebut ledakan terjadi ketika polisi akan membuka pintu rumah tersebut.

“Rumah itu meledak sekitar pukul 14.30 WIB. Telinga saya sempat berdengung ketika mendengar ledakan dan menciderai beberapa orang termasuk diantaranya ada petugas,” kata salah seorang warga Dohar Tua Alam Hutagalung seperti dilaporkan Gatra.com.

Dohar menyebut dirinya mengetahui peristiwa itu karena kebetulan tengah berada di lokasi untuk mengungsikan neneknya yang menempati samping rumah terduga teroris.

Seperti diketahui Presiden Joko Widodo dikabarkan akan berkunjung ke Sibolga pada Minggu, 17 Maret 2019.

Informasi yang beredar, Presiden akan tiba di Sibolga pukul 10.30 WIB.

Sebelum bertolak ke Jakarta, Jokowi dijadwalkan meresmikan Pelabuhan Sambas Sibolga dan menghadiri pertemuan dengan tokoh Tapanuli. (YMA)