Aliansi Mahasiswa Yogya: Garuda Indonesia Tidak Berpihak ke Bangsa Sendiri

Aliansi Mahasiswa Yogya: Garuda Indonesia Tidak Berpihak ke Bangsa Sendiri

Sulindomedia – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Yogya (AMY) menggelar aksi unjuk rasa di Simpang Tiga Unibersitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Rabu (2/3/2016). Mereka mengkritisi kinerja BUMN Garuda Indonesia yang dianggap tak memihak bangsa sendiri.

Mereka membawa balon berbentuk pesawat serta beberapa poster, yang anatara lain berbunyi ‘Perbaiki Manajemen PT Garuda” dan “Seribu Koin Selamatkan Garuda”. Para mahasiswa ini juga menyoroti utang yang menimpa Garuda Indonesia setelah memborong 60 pesawat Boeing dan 30 pesawat Airbus senilai US$ 20 miliar.

“Sterilkan Garuda Indonesia dari kepentingan asing dan segera selesaikan utang-utang yang dilakukan Garuda Indonesia,” teriak Koordinator Umun AMY, Nurul Mubin, dalam orasinya.

Nurul tak paham dengan sikap pihak Garuda Indonesia yang malah mensponsori klub bola asing, Liverpol, dan bukan mensponsori klub sepakbola Indonesia yang sangat membutuhkan sponsor untuk terus hidup. Bahkan, baru-baru ini, pebalap Formula 1 Rio Haryanto juga kekurangan dana.

“Seharusnya Garuda Indonesia lebih mementingkan mensponsori klub sepakbola Indonesia dan mendukung Rio Haryanto,” ujar Nurul.

Dalam aksinya itu, para mahasiswa  menuntut Menteri BUMN agar segera turun tangan mengevaluasi besar-besaran jajaran direksi Garuda Indonesia. Mereka juga berpandangan Arif Wibowo yang menggantikan Emirsyah Satar sebagai Direktur Utama Garuda tak mampu memimpin Garuda Indonesia. “Arif Wibowo tidak dapat melanjutkan hal-hal yang sudah diletakkan Emir,” tutur Nurul lagi. [YUK/PUR]