Salah satu penjual kurma di sekitaran Jabal Rahmah, Mekkah. (foto: Sulindo/Iqyanut Taufik)
Salah satu penjual kurma di sekitaran Jabal Rahmah, Mekkah. (foto: Sulindo/Iqyanut Taufik)

Koran Sulindo – Kurma muda menjadi primadona bagi para peziarah Indonesia yang pergi ke Tanah Suci Mekkah dan Madinah untuk melaksanakan ibadah Umroh. Para pedagang yang menjajakan dagangannya seringkali menggunakan bahasa Indonesia dalam menawarkan dagangannya apabila bertemu dengan jamaah dari Indonesia, dan Kurma muda laris manis disana sebagai oleh oleh bagi para peziarah.

Pedagang Kurma disana menawarkan kurrma muda sembari mengatakan ”Kurma muda, hamil, hamil” entah siapa yang memulai untuk mengatakan itu namun para pedagang kurma disana rata-rata menggunakan kata tersebut untuk menawarkan kepada para peziarah.

Manfaat Kurma Muda

Dikutip dari beberapa sumber, kurma muda mempunyai beberapa manfaat salah satunya untuk kesuburan wanita karena kandungan di dalamnya.

Nutrisi antioksidan dalam kurma muda dapat meningkatkan kualitas sel telur dan perkembangan embrio awal pada wanita. Kandungan polifenol yang terdapat didalammnya sebanyak 50,2 milligram juga berpotensi meningkatkan kesuburan pada wanita.

Sedangkan untuk pria, serbuk sari kurma dipercaya dapat meningkatkan kadar estrogen dan progesteron yang berperan dalam sistem reproduksi.

Manfaat Kurma

Tidak hanya kurma muda, kurma matang juga mempunyai manfaat yang tak kalah baik buat kesehatan seperti:

1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat dalam kurma yang tinggi mampu memperlancar sistem pencernaan. Kurma muda memiliki kandungan serat 6,7 gram dan kurma matang memiliki kandungan serat 0,6 gram setiap 100 gram. Kandungan serat kurma juga mampu mencegah terjadinya sembelit. Makanya buah ini dianjurkan dikonsumsi bagi para Ibu hamil.

2. Mencegah Penyakit

Selain untuk program hamil bagi Wanita, kurma juga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit seperti; diabetes, penyakit jantung dan kanker. Kurma mengandung antioksidan yang tinggi juga dapat minangkatkan imun tubuh dan melindungi dari terjadinya radang pada tubuh.

3. Meningkatkan Hormon Oksitosin

Hormon Oksitosin atau sering dikenal dengan istilah Hormon Cinta. Pada ibu hamil, hormon oksitosin menjadi tanda bahwa Buah Hati akan segera lahir dengan membantu rangsangan atau kontraksi rahim. Pada Ibu menyusui, hormon ini dapat meningkatkan produksi ASI setelah persalinan.

4. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil serta Janin dalam Kandungan

Kurma mengandung banyak nurtisi yang baik buat tubuh seperti vitamin, serat protein, mineral, karbohidrat, dan antioksidan yang baik unntuk Ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Meskipun kurma memiliki manfaat yang baik bagi tubuh namun, tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebih, cukup 3-4 buah setiap harinya. [IQT]