Ilustrasi: Kapal Pesiar World Dream/wikimedia.org

Koran Sulindo – Pemerintah berencana mengkarantina warga negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) kapal pesiar World Dream ke Pulau Sebaru yang terletak di gugus Kepulauan Seribu, Jakarta. Kapal itu dihentikan pengoperasiannya setelah virus korona menyerang banyak penumpangnya.

“Kemarin, Kapal DR Suharso sudah menuju ke laut sekitar wilayah Riau untuk nanti kemudian dipindahkan ke Kapal DR Suharso dan akan diobservasi sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh TNI,” kata Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, di Jakarta, Senin (24/2/2020).

Muhadjir dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menghadap Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta, hari ini.

Pulau ini tak berpenghuni dan memiliki fasilitas unutk karantina.

“Ada tempat yang kita anggap aman karena itu pulau yang tidak ada penghuninya dan fasilitasnya sudah bagus sehingga kita tinggal pakai,” kata Muahadjir.

Sementara Menkes Terawan mengatakan pemerintah fokus mengevakuasi WNI di kapal pesiar World Dream terlebih dahulu karena risikonya paling kecil.

“Kita baru konsentrasi semua untuk World Dream karena itu yang sudah paling dekat dengan kita. Kita atur supaya dia bisa dapat sarana karantina yang baik dan ini kan yang risikonya paling kecil. Selalu kita ambil yang risikonya paling kecil,” kata Terawan. [sulindox@gmail.com]

BAGIKAN