Kecelakaan Setya Novanto di Mata Warga Twitland

Kecelakaan Setya Novanto di Mata Warga Twitland

Setya Novanto setelah mengalami kecelakaan di Permata Hijau, Jakarta, 16 November 2017.

Koran Sulindo – Ketua DPR yang dikenakan status tersangka dalam kasus KTP elektronik (e-KTP), Setya Novanto, mengalami kecelakaan pada Kamis malam (16/11), di depan Rumah Sakit Medika Permata Hijau, Jakarta Selatan. Menurut pengacaranya, Fredrich Yunadi, kecelakaan yang dialami Setnov itu terjadi dalam perjalanan menuju ke kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan juga. “Mobilnya hancur. Beliau langsung pingsan.

Beliau buru-buru, ngejar waktu, mau secepat mungkin ke KPK untuk beri keterangan apa yang mereka mintakan,” tutur Fredrich.

Rabu malam kemarin (15/11), penyidik KPK mendatangi rumah Setnov untuk melakukan penangkapan. Namun, yang dicari ternyata tak ada di rumahnya dan diketahui kabar beritanya sampai akhirnya diketahui mengalami kecelakaan itu.

Terkait “hilang”-nya Setnov itu, di Twitter sempat ada hashtag atau tanda pagar (tagar) #IndonesiaMencari Papah dan #Setnov. Setelah itu ada juga tagar #SetyaNovantoAlamiKecelakaan.

Seiring tagar-tagar itu ada juga yang membuat meme terkait Setnov. Pemilik akun @firaun_id, misalnya, membuat meme yang dipelesetkan dari sebuah majalah keagamaan, yang cover line utamanya diganti dengan kalimat “Akibat Suka Mangkir Panggilan KPK, Jenazah Susah Dikebumikan”.

Sementara itu, pemilik akun @wahyu_nug76 mengunggah video GIF orang yang tiba-tiba hilang setelah melemparkan sarung-nya. Status di atasnya ditulis: “Papah di mana… dengan siapa… semalam berbuat apaaaa….”

Lain lagi pemilik akun @DemonstranTL. Pemilik akun ini justru mengunggah gambar tangkapan akun @IreneViena, yang mengingatkan bahwa KPK juga belum menahan Billy Sindoro (Direktur Utama Grup First Media); Budi Tjahjono (Direktur Utama Jasindo), dan; Emirsyah Sattar (mantan Direktur Utama Garuda Indonesia), yang ketiganya telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Akun @IreneViena itu sendiri merupakan respons atas cuitan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, @Fahrihamzah, yang menginformasikan bahwa R.J. Lino (mantan Direktur Utama PT Pelindo II), tersangka dengan perhitungan kerugian negara oleh BPK sebesar Rp 4,08 triliun, masih bebas keluyuran. Pemilik akun @DemonstranTL sendiri di atas gambar itu bercuit, “Manteman… Walo lagi TT: #IndonesiaMencariPapah, Kita jangan pikun #NyalakanNalar bahwa di tubuh KPK juga banyak masalah hukum.”

Mengenai kecelakaan yang dialami Setnov, banyak warga Twitland yang tidak percaya begitu saja. Pemilik akun @harizatulkhasa4, misalnya, mengatakan “ternyata 5 jam ditungguin nggak muncul itu lagi nyiapin kecelakaan”.

Pemilik akun @shodiq_NS menulis: “Ini pengacara Setnov mungkin ngerasa yang nonton tv anak SD semua kayaknya yah…sumpah gemes bos !!”

Pemilik akun @ruhlelana: “’Setya Novanto Alami Kecelakaan’ dikiranya orang bakal kemakan dengan trik ini. hahaha amatir!”

Pemilik akun @@bobbon_2733: “Setya Novanto alami kecelakaan dgn kend. Fortuner? Yg gua kawatirkan, ntar yg dilaporin malah tiang listriknya jadi Tersangka”.

Pemilik akun @ermaurer99: “Setya Novanto alami kecelakaan dan katanya belum sadarkan diri. Jangan sampe habis ini ada berita lagi pak setnov jadi amnesia gegara kecelakaan”.

Pemilik akun @ Abd Al Syukr‏: “Setya Novanto alami kecelakaan. Wah padahal gue baru aja mw beli fortuner. Trnyata mobilnya tdk aman”.

Pemilik akun @nandagusraa: “’Setya Novanto Alami Kecelakaan’…. Sinetron macam apa lagi ini”.

Pemilik akun @bukanpol: “Calon film pemenang FFI berikutnya berjudul ‘Setya Novanto Alami Kecelakaan’. Kira-kira termasuk genre film apa ya? Science-fiction kah? Drama-komedi kah? Atau Horor?”

Masih banyak komentar warga Twitland terkait kecelakaan itu, yang umumnya bernada tidak percaya. Begitu juga ada beberapa meme yang tersebar lewat Whats App Group, yang isinya justru berisi humor-humor soal kecelakaan yang dialami Setnov.  [PUR]