GM Garry Kasparov vs IBM Supercomputer Deep Blue, 1996.
GM Garry Kasparov vs IBM Supercomputer Deep Blue, 1996.

SAINS. Selama beberapa dekade, para ilmuwan komputer memandang catur sebagai tolok ukur untuk kecerdasan buatan. Permainan catur segaris dengan olah pikir komputer. Ada sekian ribu pilihan untuk menjawab setiap langkah.

Herbert A. Simon, pemenang Hadiah Nobel Ekonomi, pada tahun 1957 menyampaikan pidato terkait kemampuan komputer dengan program catur.

Salah satu pemikirannya dalam pidato tersebut adalah: dalam sepuluh tahun ke depan komputer akan menjadi juara catur dunia, kecuali jika peraturan melarangnya untuk berkompetisi. Sepuluh tahun kemudian komputer ternyata belum bisa mengalahkan pemain catur level dunia. Masih terlalu sederhana langkah dan pemikirannya.

Komputer catur adalah program komputer yang menganalisis posisi catur dan memilih langkah terbaik untuk melawan langkah lawan. Jika komputer adalah pemain catur, mesin dan program akan menjadi otak mereka. Komputer catur bisa ditandingkan melawan komputer lain atau berhadapan melawan manusia.

Ambisi manusia untuk menciptakan mesin yang bisa mengalahkan para grand master catur dunia sudah dimulai belasan tahun sebelumnya. Pada tahun 1945 Alan Turing (1912-1954) menggunakan kemampuan komputer untuk mengolah permainan catur. Turing adalah pemain catur. Pada tahun 1947, Turing merancang program catur pertama kalinya.

Pada tahun 1948 komputer Univac diiklankan sebagai komputer terkuat di dunia. Begitu kuatnya, sehingga ia bisa bermain catur dan gin rummy dengan sangat sempurna sehingga tidak ada lawan manusia yang bisa mengalahkannya. Gin rummy adalah varian permainan kartu remi dengan dua pemain.

Pada 1952 Alick Glennie, yang menulis kompiler komputer pertama, mengalahkan program catur Alan Turing, TurboChamp. Kompiler atau kompilator adalah tool penting dalam pengembangan aplikasi dan program komputer. Dengan kompiler, perintah dari programer bisa dijalankan oleh computer.

Tahun 1958, sebuah program catur (NSS) mengalahkan pemain manusia untuk pertama kalinya. Pemain caturnya adalah seorang sekretaris yang diajari cara bermain catur satu jam sebelum bermain dengan komputer. Komputer tersebut menunjukkan tingkat keahlian bermain catur yang lebih tinggi daripada yang dapat dilakukan manusia.

Tahun 1967, MacHack VI menjadi program pertama yang mengalahkan pemain catur profesional (peringkat 1510 USCF), di Massachussets. Hingga akhir tahun, mereka telah bermain di empat turnamen catur. Ia memenangkan 3 pertandingan, kalah 12 kali, dan seri 3 kali. Masih lebih banyak kalahnya ketimbang menang melawan pemain profesional.

­­Tahun 1968 Master Internasional (MI) David Levy membuat taruhan $3.000 bahwa tidak ada komputer catur yang bisa mengalahkannya dalam 10 tahun. Dia memenangkan taruhannya. Taruhan awal adalah dengan John McCarthy, seorang peneliti terkemuka di bidang Kecerdasan Buatan di Stanford. Taruhan tersebut dibuat pada Lokakarya Kecerdasan Mesin tahun 1968 di Universitas Edinburgh.

Pada tahun 1985 Grand Master (GM) Garry Kasparov bermain melawan 15 komputer catur terbaik di Hamburg, Jerman, dan memenangkan semua pertandingan, dengan skor 32-0. Keunggulan manusia yang telak…!

Tahun 1988 HiTech memenangkan Kejuaraan Catur Negara Bagian Pennsylvania setelah mengalahkan MI Ed Formanek (elo rating 2485). HiTech mengalahkan GM Arnold Denker dalam sebuah pertandingan. HiTech menjadi komputer catur pertama yang mampu mengimbangi kekuatan grand master. Sebuah kemajuan yang signifikan dalam perkembangan komputer catur.

Tahun 1988 Bent Larsen menjadi grand master pertama yang kalah dari komputer di turnamen resmi – Amerika Open.

Pada tahun 1989 Deep Thought memenangkan kejuaraan komputer dunia di Edmonton, dengan skor 5-0. Deep Thought mengalahkan GM Robert Byrne dalam pertandingan. Pada Maret 1989, Garry Kasparov mengalahkan Deep Thought dalam sebuah pertandingan dengan memenangkan 2 pertandingan. Deep Thought dengan mudah mengalahkan MI David Levy dalam pertandingan dengan 4 kemenangan.

Tahun 1989 Olimpiade Catur Komputer pertama diadakan di London, ini pertandingan catur klas olimpiade tapi khusus untuk komputer.

Tahun 1990 Juara Dunia GM Anatoly Karpov kalah dari Mephisto dalam pameran serentak di Munich. Mephisto  juga mengalahkan GM Robert Huebner dan David Bronstein. Mephisto  memenangkan kejuaraan blitz Jerman dan mendapatkan norma Master Internasional dengan di Dortmund Terbuka. Tapi ini bukan pertandingan resmi.

Tahun 1992 Garry Kasparov melawan Fritz 2 dalam pertandingan catur kilat 5 menit di Cologne, Jerman. Kasparov memenangkan pertandingan dengan 6 kemenangan, 1 seri, dan 4 kekalahan. Ini adalah pertama kalinya sebuah program dapat mengalahkan juara dunia catur kilat, meski secara keseluruhan masih dimenangkan oleh Kasparov.

Pada Maret 1993 GM Judit Polgar kalah dari Deep Thought dalam pertandingan 30 menit. Catatan, Judit Polgár (lahir 23 Juli 1976) adalah seorang grandmaster catur Hungaria. Ia dianggap sebagai pemain catur perempuan terbaik sepanjang masa. Pada 1991, Polgár memperoleh gelar grand master saat masih berusia 15 tahun dan 4 bulan, dan pada masa itu merupakan orang termuda yang memperoleh gelar tersebut dan telah memecahkan rekor mantan juara dunia Bobby Fischer.

Desember 1995 tanding catur Manusia versus Komputer Piala Harvard diadakan di New York. Para grand master meraih kemenangan dengan skor 23,5 dan skor komputer 12,5. Para grand master masih terlalu tangguh untuk komputer yang paling canggih saat itu.

Turnamen Catur Komputer AEGON (Manusia vs Mesin) ke-11 diselenggarakan pada April 1996 di Den Haag, Belanda. Terdapat 50 master, Master Internasional, dan Grand Master serta 50 komputer (sebagian besar diputar di mesin HP Pentium-166 dengan RAM 16MB). Yasser Seirawan menjuarai ajang tersebut dengan 6 kemenangan tanpa kekalahan. Komputer terbaik adalah Quest, dengan skor 4,5 dan elo rating 2652.

Salah satu tonggak penting dalam perkembangan komputer terjadi lebih dari 25 tahun yang lalu. Di mana terjadi pertandingan antara IBM Supercomputer Deep Blue yang dikembangkan oleh IBM untuk menantang juara dunia catur pada saat itu, GM Garry Kasparov. Aplikasi ini juga menunjukkan pentingnya kombinasi manusia dan mesin untuk menghasilkan kecerdasan bersama. Meskipun mesin dapat memiliki perhitungan yang cepat, peran programmer dalam merancang strategi dan memahami nuansa permainan tetap krusial.

Pertandingan pertama dilakukan pada 1996 dan dimenangkan oleh Garry Kasporov. Dalam 6 game pertandingan, Kasparov menang 4 game dan 2 kali kalah. Dari kekalahan tersebut, pihak IBM melakukan perbaikan dan berhasil memenang rematch di tahun 1997.

11 Mei 1997 dianggap sebagai titik balik ketika supercomputer, Deep Blue akhirnya mencapai apa yang telah dijanjikan para pengembang selama beberapa dekade. Garry Kasparov tumbang dengan skor 2,5 – 3,5 !!!

Pengembang IBM, perusahaan yang membentuk supercomputer Deep Blue, puas dengan kemenangan mereka atas GM Garry Kasparov tetapi dengan cepat kembali fokus pada signifikansi yang lebih luas. “Ini bukan tentang manusia versus mesin. Ini benar-benar tentang bagaimana kita, manusia, menggunakan teknologi untuk memecahkan masalah-masalah sulit,” kata ketua tim Deep Blue Chung-Jen Tan setelah pertandingan, menyebutkan kemungkinan manfaat dari analisis keuangan hingga prakiraan cuaca.

Apakah komputer akan seterusnya mengalahkan manusia dalam catur? Tidak juga. Pada Oktober 2002, GM Vladimir Borisovich Kramnik bermain imbang dengan Deep Fritz di Bahrain dengan skor 4-4.

Pada Februari 2003, Kasparov bermain lawan Deep Junior 7 di New York. Pertandingan berakhir imbang.

Tahun 2005, tim komputer (Hydra, Deep Junior, dan Fritz) mengalahkan GM Vesilin Topalov, Ruslan Ponomariov, dan Sergey Karjakin (elo rating rata-rata 2681) dalam pertandingan dengan skor 8,5 hingga 3,5. Kemampuan komputer dan otak pemain catur masih berimbang hingga dekade itu.

Di masa mendatang komputer catur dipastikan lebih kuat daripada manusia, yang terbaik dari komputer diperkirakan mencapai elo rating lebih dari 3000, sementara elo rating tertinggi manusia di kisaran 2850. Mesin komputer juga semakin kuat karena peningkatan teknologi perangkat keras dan perangkat lunak.

Banyak program komputer catur yang tersedia, tetapi hanya sedikit dari mereka yang terus menerus muncul di peringkat teratas kejuaraan komputer. Berikut adalah daftar mesin paling popular: Alpha Zero, Deep Blue, Deep Fritz, Houdini Chess, Hiarchs, Komodo Chess, Leela Chess, Rybka, Stockfish. [KS]­­