Telah Hadir Medi-Call, Aplikasi Layanan Kesehatan Berbasis Smartphone

Telah Hadir Medi-Call, Aplikasi Layanan Kesehatan Berbasis Smartphone

27
BERBAGI

Koran Sulindo – Sejak 18 Februari 2017 ini telah hadir aplikasi kesehatan terlengkap di Indonesia,  Medi-Call. Dengan aplikasi berbasis smartphone ini,   pengguna dapat meminta tenaga kesehatan, termasuk dokter, untuk datang ke lokasi yang diinginkan, seperti rumah, kantor, atau hotel.

Peluncuran aplikasi Medi-Call secara resmi dilakukan oleh pihak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,  Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominikasi dan Informatika, Ketua komisi IX DPR-RI,  Badan Pengawas Obat dan Makanan,  Ketua Ikatan Dokter Indonesia Wilayah DKI Jakarta, Ketua Umum Asosiasi Klinik Indonesia,  Ketua Umum Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia,  Ketua Umum Perhimpunan Klinik dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer Indonesia,  Ketua Umum Ikatan Apoteker Indonesia, Satgas Imunisasi Dewasa, serta Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam.

Awalnya, aplikasi dibuat terlebih dulu untuk membantu warga dan para turis di Bali. Kini, Medi-Call siap melayani warga Jakarta dan sekitarnya.  “Medi-Call merupakan aplikasi smartphone berbasis GPS.  Dengan cara ini,  dokter pada lokasi terdekat bisa merespons kebutuhan Anda dengan cepat dan kapan saja,” tutur Dr.  Stephanie Patricia, Chief Marketing Officer Medi-Call,  di Jakarta.

Adapun fitur yang ditawarkab Medi-Call  antara lain  emergency call ke nomor telepon rumah sakit atau klinik untuk memanggil ambulans berdasarkan lokasi yang terdekat; layanan home visit dokter, klinik,  laboratorium, dan; layanan farmasi secara online yang terigentrasi dengan Apotek K-24, lewat k24klik.com. “Di dunia kedokteran, Medi-Call akan menjadi aplikasi pertama di Indonesia yang menyediakan layanan home visit dengan tarif kompetitif dan transparan. Kehadiran aplikasi ini akan mengubah paradigma dunia kedokteran,” ungkap Dokter M. Candra Wijanadi,  CEO Medi-Call.

Selama ini, tambahnya, pasien yang membutuhkan jasa dokter hanya bisa menemui dokter di ruang praktik pada jam yang ditentukan. Dengan cara ini,  banyak kendala yang dihadapi pasien. Selain perjalanan yang macet dan kadang jauh untuk mendapatkan pelayanan,  pasien juga harus menunggu antrean.

“Kini, jika membutuhkan jasa layanan dokter, menjadi lebih praktis dan bisa diakses kapan saja serta di mana saja, dalam waktu 24 jam. Dengan adanya aplikasi ini, dokter dan tenaga medislah yang mendatangi pasien. Medi-Call juga tidak hanya melayani pasien yang membutuhkan pengobatan saja, tapi juga menangani masyarakat yang memerlukan layanan pemeriksaan kesehatan, seperti Medival Check Up dan Vaksinasi.  Melalui layanan ini kami mampu menangani pasien dengan keterbatasan mobilitas untuk layanan home care, rehabilitasi, dan terapi, ” ujar Candra Wijanadi lagi.

Melalui aplikasi, pasien tinggal login, lalu memilih menu kesehatan yang diinginkan.  Pasien cukup menuliskan keluhan dan data penting lainnya yang diperlukan.  Kemudian, pasien akan mendapatkan biaya panggilan yang ditentukan secara otomatis berdasarkan jarak dan parameter lainnya. Dokter terdekat yang kebetulan mengaktifkan layanan  akan mendapatkan permintaan dari pasien tersebut. Selanjutnya dokter akan melakukan konfirmasi data dan identitas pasien.

Tenaga medis yang terdaftar di Medi-Call adalah para profesional yang sudah memiliki surat tenaga registrasi  dan surat Izin praktik, yang direkrut melalui proses pelatihan dan prosedur standard pelayanan yang sesuai . Dengan demikian, prosfesionalitas layanan Medi-Call dapat dipertanggungjawabkan. [IKO]