Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Tak Sesuai Target

Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Tak Sesuai Target

12
BERBAGI
Ilustrasi pertumbuhan perekonomian Indonesia pada 2017 [Foto: istimewa]

Koran Sulindo – Kendati target pertumuhan ekonomi pada kuartal (tiga bulan) II tidak memenuhi target, namun disebut tetap cukup baik. Bank Indonesia (BI) akan tetapi tetap optimistis pertumbuhan ekonomi pada kuartal III tahun ini akan mencapai 5,2 persen.

Badan Pusat Statistik (BPS) merislis ekonomi tumbuh 5,01 persen pada kuartal II pada tahun ini. Angka ini sama dengan capaian pertumbuhan ekonomi pada kuartal I. Menurut Gubernur BI Agus Martowardojo, pertumbuhan ekonomi kuartal II dipengaruhi konsumsi yang cenderung bergeser pada kuartal III.

Momentum Ramadhan, Lebaran dan pembayaran uang sekolah anak pada Juli 2017 membuat konsumsi masyarakat menjadi terbatas. Namun, secara umum Agus menilai ekonomi Indonesia menunjukkan tanda-tanda perbaikan dan akan mencapai pertumbuhan 5,2 persen.

Seperti yang dilaporkan antaranews.com, menurut BPS, pertumbuhan ekonomi pada kuartal II tahun ini lantaran kinerja investasi atau Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) yang membaik. Pertumbuhan PMTB didorong oleh investasi berupa bangunan, kendaraan dan peralatan lainnya.

Investasi berupa bangunan pada periode tersebut tumbuh seiring dengan meningkatnya aktivitas pada sektor konstruksi seperti pembangunan infrastruktur.

Selain itu, investasi juga didukung oleh realisasi belanja modal pemerintah pusat pada APBN 2017 sebesar Rp 35,7 triliun atau meningkat 4,36 persen dibandingkan periode sama tahun 2016. [KRG]