Jokowi: Perputaran Uang di Hobi Burung Capai Rp1,7 Triliun per Tahun

Jokowi: Perputaran Uang di Hobi Burung Capai Rp1,7 Triliun per Tahun

172
Ilustrasi/antarafoto

Koran Sulindo – Presiden Joko Widodo mengatakan perputaran uang dalam hobi burung di Indonesia mencapai Rp1,7 triliun setahun, termasuk dari penangkaran, pakan, sangkar, dan obat-obatan.

Namun Presiden Jokowi mengatakan bukan penghobi burung.

“Sebetulnya yang senang dan beli itu Ibu Jokowi, saya penikmat dan pendengar saja,” kata Jokowi, di Kebun Raya Bogor, Minggu (11./3/2018), seperti dikutip antaranews.com.

Menurut Jokowi, penangkaran burung, selain mendorong ekonomi, juga memberikan ruang kepada para pecinta atau yang lebih dikenal kicaumania bisa menyalurkan hobinya juga pelestarian burung yang ada di Indonesia. Pecinta burung juga ada yang menyukai selain burung berkicau. Berdasarkan laporan, terdapat sekitar 1.660 spesies burung di Indonesia.

Sebanyak 72 orang kicaumania dengan sekitar 3.000 burung mengikuti festival dan pameran burung berkicau tingkat nasional memperebutkan Piala Presiden, di Kebun Raya Bogor, hari ini.

Dalam Piala Presiden ini akan dilombakan 26 kelas dari sekitar 10 jenis burung yang akan dilombakan, memperebutkan hadiah diantaranya satu unit mobil.

Jokowi terlihat mengenakan busana santai, yaitu celana berbahan jeans warna biru dongker (navy), kaos lengan panjang berwarna abu-bu, dan sepatu sneaker warna senada, dengan pinggiran tapaknya warna putih.

Jokowi mengatakan banyak penangkaran burung di daerah, mulai dari penangkaran murai, jalak Bali, dan lainnya.

“Jalak Bali berhasil ditangkarkan dan populasi burung jadi bertambah,” kata Jokowi. [DAS]