Bung Karno dan Syekh Yusuf Dimuliakan di Afrika Selatan

Bung Karno dan Syekh Yusuf Dimuliakan di Afrika Selatan

50
BERBAGI
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, 8 Maret 2017

Koran Sulindo – Presiden Kelima Republik Indonesia yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan rakyat Afrika Selatan yang telah menjadikan dua tokoh penting Indonesia sebagai pahlawan nasional negara itu. Keduanya adalah Proklamator RI Presiden Soekarno dan Syekh Yusuf Al Makassari Al Bantani.

“Ini sebuah kehormatan dari negara Afrika Selatan yang sudah memberikan dua orang terbaik Indonesia menjadi pahlawan negaranya,” ujar Megawati dalam pernyataan pers bersama Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, setelah pertemuan di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (8/3).

Megawati menuturkan, Syekh Yusuf adalah pejuang Indonesia yang dibuang penjajah Belanda ke Afrika Selatan. Di sana, Syekh Yusuf terus berjuang sambil menyebarkan agama Islam dan akhirnya mendirikan sebuah kampung, yang dinamakan Kampung Makassar.

Pejuang menentang apartheid di Afrika Selatan yang akhirnya menjadi presiden  negara itu, Nelson Mandela, pernah menyebut, salah satu insipirasinya untuk mampu bertahan dengan keyakinannya memerdekakan Afrika Selatan dari apartheid adalah sosok Syekh Yusuf.

“Afrika Selatan tentu menjadikan Syekh Yusuf salah satu pahlawannya karena perjuangannya,” ucap Megawati.

Megawati menambahkan, di dalam pertemuannya dengan Presiden Zuma dibicarakan soal bagaimana membangun kerja sama yang erat di antara kedua negara, khususnya di sektor perikanan, kehutanan, dan pertanian. “Kami bicara bagaimana melanjutkan hubungan, bukan hanya antarpemerintahan, tapi juga level yang lain, sehingga hubungan lebih erat,” kata Megawati. Selain itu, lanjut Mega, mereka juga membicarakan hubungan di antara kedua partai. “Untuk lebih eratkan persahabatan itu,” tutur Megawati. [CHA]